Labels

Selasa, 17 Juni 2025

Puisi Pendek Untuk Orang Tua

Puisi Pendek Untuk Orang Tua

puisi untuk orang tua pendek

1. puisi untuk orang tua pendek


oh orang tuaku
aku sayang padamu
engkau tlah membesarkanku
memberi kasih sayang padaku

oh orang tuaku
engkau telah bersusah payah
berusaha membimbingku kearah jalan yang benar

oh orang tuaku
maka itu aku berterima kasih
kan ku kenang kebaikanmu
hingga akhir hayatku nanti

MAAF YA KLO SALAHOrang Tua

Wahai Ibu,kaulah yg melahirkanku sehingga aku bisa menjadi seperti ini.
Wahai Ayah,kaulah yg mencari uang untuk kebutuhan sehari sehariku
Wahai Orang Tuaku aku sangat menyayangiku

2. puisi pendek untuk membahagiakan orang tua​


Jawaban:

Bunda

Tanpa kehadiranmu hidup terasa hampa

Engkau selalu membuat suasana terasa bahagia

Engkau mengisi hari-hariku yang sepi

Terima kasih bunda..

Kehadiranmu selalu membuat aku tersenyum

Kesabaranmu selalu menenangkan aku

Senyum manismu selalu menghiburku

Engkau lah pahlawanku..

Penjelasan:


3. Dari Seorang Guru kepada Murid-muridnyaAdakah yang kupunya anak-anakku selain buku-buku dan sedikit ilmu sumber pengabdianku kepadamu.Kalau hari Minggu engkau datang ke rumahku aku takut, anak-anakku kursi-kursi tua yang ada di sanadan meja tulis sederhanadan jendela-jendela yang tak pernah diganti kainnyasemua padamu akan berceritatentang hidupku di rumah tanggaAh, tentang ini tak pernah aku berceritadepan kelas, sedang menatap wajah-wajah remaja-horison yang selalu biru bagiku-karena kutahu; anak-anaku engkau terlalu mudaengkau terlalu bersih dosauntuk mengenal ini semua. (Hartoyo Andangjaya)1. tema puisi di atas adalah …a.Kesedihan seorang gurub.Pekerjaan guruc.Pengabdian gurud.Seorang guru yang malue.Keluhan guru 2.Amanat puisi di atas adalah …a.Buku adalah sumber ilmu.b.Guru merupakan pekerjaan yang didambakan.c.Pemerintah diharapkan mau memperhatikan nasib para guru.d.Para guru seharusnya lebih terbuka kepada murid-muridnya.e.Jangan mencontoh kehidupan guru 3.Dalam puisi terdapat pengimajian, yang dimaksud dengan pengimajian....a.Kata atau susunan yang dapat mengungkapkan pengalaman sensorisb.Khayalan dalam puisic.Dongeng dalam ceritad.Puisi yang berdasarkan kisah nyatae.Karangan sendiri4.Yang dimaksud dengan makna dari puisi …a.Kesimpulan ceritab.Pesan yang disampaikan penyair lewat puisic.Kisah nyata yang ditulis penyaird.Alur ceritae.Jenis teks yang terdapat di dalam puisi5.Bunyi-bunyi yang ditimbulkan oleh huruf atau kata – kata dalam larik dan baik. Kalimat di atas adalah pengertian dari…a.Pengimajianb.Tema puisic.Rima d.Iramae.Ritme6.Hal yang harus diperhatikan dalam membacakan puisi adalah …a.Ekspresi dan percaya dirib.tema, iramac.Vokal, intonasi dan ekspresid.Rima, iramae.Musikalisasi7.Ada beberapa jenis rima yaitu…a.Rima dan iramab.Rima bunyic.Rima keras dan tertutupd.Rima pendeke.Rima aliterasi8.Kata konkret adalah…a.Penggunaan kata – kata dalam puisib.Penyampaian puisic.Objek yang diceritakand Kata yang memungkinkan munculnya imaji karena dapat ditangkap indrae.Teks yang digunakan untuk membuat puisi9.AKU INGINby :Sapardi Djoko DamonoAku ingin mencintaimu dengan sederhanaDengan kata yang tak sempat diucapkanKayu kepada api yang menjadikannya abuAku ingin mencintaimu dengan sederhanaDengan isyarat yang tak sempat disampaikanAwan kepada hujan yang menjadikannya tidakPuisi diatas merupakan…a.Cinta kepada anakb.Ungkapan cinta seseorang kepada kekasihnyac.Ungkapan untuk orang tuad.Rela demi orang tuanyae.Ungkapan benci kepada kekasihnya10.Untuk menemukan makna dalam sebuah puisi, pembaca harus membaca puisi dengan seksama dan memperhatikan banyak faktor dalam puisi tersebut. Salah satunya...a.Nilai seni dalam pembacaan puisib.Penggunaan bahasac.Kemampuan seseorang membaca puisid.Pendengar merasa terbawa dalam puisi yang dibacakane.Penggunaan kata-kata kiasan


Tema dari puisi di atas adalah pengabdian guru (C).Amanat puisi di atas adalah pemerintah diharapkan mau memperhatikan nasib para guru (C).Pengimajian adalah khayalan dalam puisi (B).Makna dari puisi adalah pesan yang disampaikan penyair lewat puisi (B).Rima (C) adalah bunyi-bunyi yang ditimbulkan oleh huruf atau kata-kata dalam larik dan bait.Hal yang harus diperhatikan ketika membaca puisi adalah vokal, intonasi, dan ekspresi (C).Jenis rima yaitu rima aliterasi (E).Kata konkret adalah kata yang memungkinkan munculnya imaji karena dapat ditangkap indra (D).Puisi Aku Ingin merupakan puisi yang menceritakan ungkapan cinta seseorang kepada kekasihnya (B).Faktor yang harus diperhatikan dalam membaca puisi adalah nilai seni dalam pembacaan puisi (A).

Pembahasan:

Puisi merupakan karangan indah yang setiap katanya memiliki makna. Puisi memiliki ciri-ciri terdiri:

Terdiri dari baitMemiliki rima dan iramaSetiap bait terdiri dari beberapa barisMengandung majas.

Majas dalam puisi dapat diartikan sebagai gaya bahasa yang digunakan untuk memperindah puisi. Contoh majas yang digunakan dalam puisi, antara lain:

Majas hiperbolaMajas personifikasiMajas paradoksMajas simileMajas metaforaMajas perumpamaan

Pemilihan kata dalam puisi disebut dengan diksi. Adapun tujuan dari diksi adalah agar isi puisi lebih indah dan mengandung makna yang mendalam serta menarik minat pembaca.

Larik dalam puisi dapat diartikan sebagai sebuah baris yang dapat berupa kata, kalimat, maupun bentuk frasa.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang puisi : https://brainly.co.id/tugas/2072217Materi tentang ciri puisi : https://brainly.co.id/tugas/14299105Materi tentang makna puisi: https://brainly.co.id/tugas/20919934

Detail jawaban

Kelas: SMP-9

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 14-Gaya Bahasa

Kode: 9.1.14

#AyoBelajar #SPJ2


4. 1. Janganlah membeli tiket di tukang catut. Kata catut dalam kalimat tersebut mengalami gejala ... . a. spesialisasi c. peyorasi b. asosiasi d. ameliorasi 2. Berikut ini adalah ciri-ciri iklan baris, kecuali ... . a. ada gambarnya b. terdapat penyingkatan c. hurufnya ada yang kapital dan kecil d. kalimatnya pendek 3. Berdasarkan ejaannya, kata-kata di bawah ini baku, kecuali ... . a. biaya, nasihat, praktik b. beaya, nasehat, praktek c. debit, kredit, utang d. apotek, beasiswa, kuitansi 4. Kalimat di bawah ini yang mengandung kesalahan pemilihan kata adalah ... . a. Sekolah menyediakan buku-buku pelajaran buat kita. b. Hari ini ada pelajaran praktek musik. c. Bersekolah itu membutuhkan biaya mahal. d. Saya tertarik pada itu program. 5. Perhatikanlah penggunaan tanda baca berikut! Di belakang Utara terhampar area seluas 45.244 hektar. Area tersebut, selain 1 2 berupa lautan juga terdapat lima pulau. Yaitu Pulau Bunaken, Mango Tua, 3 Manthage, Siladon, dan Nain, sedangkan bagian Selatan adalah wilayah Popop 4 5 dan Popaneng. Penggunaan tanda baca yang salah terdapat dalam kalimat ... . a. 1 dan 2 b. 2 dan 3 c. 3 dan 4 d. 3 dan 5 6. Ibunya makan hati melihat kelakuan anaknya. Makna ungkapan makan hati adalah ... . a. marah b. menangis c. menyesal d. sedih 7. Gadis itu tampak cantik ... kebaya. Diksi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ... . a. mengenakan b. menggunakan c. menampilkan d. memanfaatkan 8. Sebagai pelajar, kita harus bisa memanfaatkan waktu secara efektif dan efesien. Kata yang bergaris bawah pada kalimat di atas diserap ke dalam bahasa Indonesia dengan cara ... . a. adopsi c. terjemahan b. kreasi d. adaptasi 9. Perhatikanlah puisi berikut! Puisi Yaman Bahari Girisan Ya maraja jaramaya Ya marani niramaya Ya silapa palasiya Ya mirada daramiya Ya dayuda dayudaya Ya siyaca cayasiya Ya sihama mahasiya Hal yang dipentingkan dalam puisi di atas adalah ... . a. bentuk b. dikusi c. sajak dan rima d. isi ............................................ Pada waktu itu masuklah dua orang perempuan menghadap raja, lalu mereka berdiri di depannya. Kata perempuan yang satu, “Ya, tuanku! Perempuan ini mengambil bayiku dan mengganti bayinya yang mati saat aku tidur.” Kata perempuan yang lain, “Bukan! Anakkulah yang hidup dan anakmulah yang mati.” Tetapi perempuan yang pertama berkata pula, “Bukan! Anakmulah yang mati dan anakkulah yang hidup,” Begitulah mereka bertengkar di hadapan raja. Lalu berkatalah raja, “Ambilkan aku pedang.” Dan dibawalah sebilah pedang di depan raja. Kata raja, “Penggallah anak yang hidup itu menjadi dua dan berikanlah setengah kepada yang satu dan setengah lagi kepada yang lain.” Maka kata perempuan empunya anak yang masih hidup itu kepada raja, sebab timbul belas kasihan terhadap anaknya itu. Katanya, “Ya, Tuanku, berikanlah kepadanya anak yang hidup itu, jangan sekali-kali membunuh dia.” Tetapi yang lain berkata, “Supaya jangan untukku atau untukmu, penggallah! Tetapi kemudian raja berkata, “Berikanlah kepadanya bayi yang hidup itu, jangan sekali-kali membunuh dia, dia itulah ibunya. “Baiklah Tuanku!” kata hulubalang. Maka gemparlah seluruh rakyat atas kebijaksanaan raja. Perhatikanlah penggalan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 10 sampai 11! 10. Tokoh utama dalam cerpen tersebut adalah ... . a. hulubalang c. rakyat b. perempuan-perempuan d. raja 11. Watak tokoh utama cerpen itu adalah ... . a. kejam c. pemarah b. bijaksana d. rendah hati 12. Watak perempuan yang memiliki anak yang masih hidup adalah ... . a. sabar, iba b. sombong, pemarah c. pemalu, cengeng d. kejam, culas 13. Perhatikanlah penggalan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usia sudah tinggi Puisi tersebut bersajak atau berima ... . A. a - c - d - a B. a - a - a - a C. a - b - a - b D. a - b - b – a 14. Kata yang mengalami penyempitan makna terdapat pada kalimat ... . a. Partai yang dipimpinnya memperoleh 15 kursi. b. Ayah membeli kursi tamu. c. Di ruang itu hanya tersedia 15 kursi. d. Kursi yang dimilikinya sudah rusak. 15. Perhatikanlah cuplikan cerpen berikut! Marlina dengan sebutan akrabnya Lina, adalah siswi kelas tiga SMP pada sebuah kota yang sepi. Sudah satu tahun ditinggal ayahnya untuk selamalamanya. Ia hidup menderita bersama ibunya. Keduanya menghuni rumah kecil di sebuah kampung yang sepi. Namun demikian, Lina selalu menjadi bintang kelas. Semua kawannya menyayanginya. Latar dari cuplikan cerpen di atas adalah ... . a. kelas tiga SMP c. kampung yang sepi b. sebuah kota yang sepi d. rumah kecil di kampung yang sepi


1. C
2. A
3. B
4. B (maaf kalau salah)
5. C (maaf kalau salah)
6. D
7. A
8. D
9. C (Maaf kalau salah, susah yang ini)
10.D
11. B
12.A
13.C
14.A
15. D (maaf kalau salah)
* maaf kalau salah...

5. 1. Berikut ini disajikan teks yang diambil dari buku siswa kelas 1, Tema: Diriku; Subtema 1: Aku dan Teman Baru Teman Baru Siti senang sekali. Ini hari pertama Siti bersekolah. Siti akan bertemu dengan teman baru. Siti siap pergi ke sekolah. Siti memberi salam kepada orang tuanya. Lakukan analisis teks! Apakah ada kesesuaian dengan tema dan subtema? Tunjukkan kesesuaian/ketidaksesuaian antara tema dengan isi teks dan tunjukkan pula kesesuaian/ketidaksesuaian antara subtema dengan isi teks! 2. Disediakan sebuah teks iklan layanan masyarakat. Susunlah 5 pertanyaan tersirat berdasarkan teks tersebut! 3. Pada awal kegiatan menulis permulaan, guru mengajak para siswa melakukan kegiatan menulis tanpa buku. Kegiatan ini diawali dengan kegiatan bercerita yang kemudian diikuti kegiatan menulis di udara yang berhubngan dengan cerita awal. Buatlah sebuah cerita pendek (4-6 kalimat) yang akan dimanfaatkan untuk menulis garis lengkung ke arah kanan di udara! Siapkan perintah membuat garis lengkung ke arah kanan. Perintah tersebut masih terhubung dengan cerita. PDGK4101-2 2 dari 2 4. Pantun adalah puisi lama. Pantun dapat diubah menjadi prosa sehingga lebih mudah dipahami. Ubahlah 5 pantun ini menjadi prosa. Pergi ke pasar beli bumbu Dimasak dengan diramu entah seperti apa dirimu aku tetap cinta padamu Pergi ke toko membeli paku Pulang-pulang kubuat sebuah bangku Wahai engkau bidadariku Maukah kau menjadi pacarku Jangan engkau bermain api Jika engkau tak ingin terbakar olehnya Putus cinta jangan kau sakit hati Masih ada banyak hati yang lainnya Jangan suka bermain tali Kalau tak ingin terikat olehnya Putus cinta jangan disesali Pasti kan datang cinta yang lainnya 5. Pada hari Minggu, Ibu Ani secara tidak sengaja mendengar seorang asisten rumah tangga menyanyikan lagu Si Kancil bersama dengan anak asuhannya di taman warga. Ia teringat anaknya yang berusia 8 tahun yang sangat menyukai lagu tersebut. Ia juga teringat dongeng yang mendasari lagu itu. Dongeng itu amat disukai anak-anak SD kelas dua. Sebagai guru SD kelas dua, Ibu Ani meyakini dongeng kancil dapat dijadikan sebagai media menyimak di kelasnya. Bantulah Ibu Ani sampai dia menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran menyimak untuk SD kelas dua dengan memanfaatkan dongeng kancil!


Berikut jawaban soal-soal di atas:

NOMOR 1

Iya, terdapat kesesuaian antara tema dan subtema. Temanya adalah ‘Diriku’ sedangkan subtemanya adalah ‘Aku dan Teman Baru’.Kesesuaian tema dan subtema serta subtema dan isi teks sangat jelas karena ‘Diriku’ sudah tentu berkaitan dengan segala kehidupan seseorang termasuk ketika ia menjalin hubungan dengan teman-temannya. Subtema ‘Aku dan Teman Baru’ sesuai dengan isi teks sebab menceritakan kisah Siti yang bertemu teman barunya di sekolah.

NOMOR 2

Soal ini tak bisa dijawab karena teks iklan layanan masyarakat yang diminta untuk dibuatkan 5 pertanyaan tersirat tidak disertakan.

NOMOR 3

Berikut cerita pendek berisi 4 kalimat yang menceritakan mengenai garis lengkung ke arah kanan di udara:

Anak-anak, apakah kalian senang menunggu hujan selesai? Jika hujan selesai, jika beruntung kita bisa melihat pelangi. Pernah kah kalian melihat pelangi? Pelangi itu seperti lukisan garis melengkung  di udara. Garisnya terdiri dari banyak warna sehingga sugguh indah dipandang. Kalian bisa menggambar pelangi dengan menarik garis lengkung ke arah kanan di udara (guru bisa menginstruksikan dan meminta anak-anak mengikuti gerakannya ke kanan lalu menjelaskan apa yang dimaksud garis lengkung).

NOMOR 4

Berikut hasil gubahan pantun di soal menjadi prosa:

Aku tak peduli bagaimana dirimu karena apapun itu aku akan tetap mencintaimu. Kamu yang kulihat bagai bidadari, apakah berkenan jadi kekasihku? Aku sangat paham bahwa jatuh cinta itu sulit jadi baiknya hati-hati agar tidak disakiti apalagi jika putus cinta rasanya konon seperti mau mati. Tapi biar begitu, aku percaya bahwa putus cinta tak harus disesali karena sudah pasti hati akan sembuh dan bertaut dengan cinta lainnya di lain waktu.

NOMOR 5

Agar Ibu Ani bisa menghasilkan pembelajaran menyimak untuk siswa SD kelas II dengan memanfaatkan dongeng Si Kancil maka ia harus memahami isi dongeng tersebut lalu mempelajari intonasi dan gerak tubuh (gesture) terbaik dalam membaca dongeng. Dengan kemampuan dan penguasaan yang baik akan cerita maka Ibu Ani bisa melaksanakan pembelajaran menyimak bacaan bagi siswanya dengan baik. Tentu dongeng yang dibacakan dengan penuh penghayatan akan menarik perhatian siswa sehingga mereka akan menyimak dengan baik.

Pembahasan

Soal di atas berkaitan dengan pembelajaran bagi siswa SD kelas II. Soal ditujukan bagi mahasiswa keguruan dan bukan untuk siswa pada jenjang manapun. Soal berkaitan dengan pembagian pelajaran tema dan subtema, mengubah pantun menjadi prosa dan lain-lain.

Pelajari Lebih LanjutPelajari lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan pantun tua pada link berikut https://brainly.co.id/tugas/35300494

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1


6. 21. Pembahasan 1: "Kesadaran publik akan pentingnya perlindungan lingkungan perlu dipertajam, dan sekarang efek negatif dari perilaku sewenang-wenang dirasakan. Pembahasan 2: "Ya, masalah pemanasan global atau pemanasan global bukan hanya wacana, tetapi sudah berdampak, seperti: Isi percakapan dalam dialog interaktif membahas masalah... A. Kesadaran publik B. Dampaknya terhadap lingkungan C. Upaya pencegahan D. Upaya penjangkauan masyarakat 22. Ketika beberapa orang bertemu untuk berbagi ide untuk menyelesaikan masalah bersama, bentuk pertemuan disebut... A. Seminar B. Pertemuan C. Pertemuan khusus D. Diskusi kelompok 23. Hal-hal yang tidak perlu dipertimbangkan dalam menanggapi penjelasan dalam diskusi adalah... A. Berikan jawaban secara logis B. Kemampuan untuk memilih ejaan yang benar C. Kirim jawaban dengan data yang akurat D. Kirim jawaban dalam bahasa yang baik dan benar 24. Karakteristik puisi berikut ini... A. Puisi selalu berakhir dengan bait B. Pola pengakuan a-b-a-b (lintas sajak) C. Ayat ini terdiri dari empat baris di setiap bait D. Puisi memiliki sampiran 25. O ananda, dengarkan pesannya Gunakan sifat putra Anda Bertanggung jawab atas tindakan Beban itu berat Isi dari puisi tersebut adalah... A. Anda harus menanggung beban penderitaan B. Anda harus jujur agar tidak terbebani oleh masalah C. Anda harus berani bertanggung jawab dalam setiap tindakan D. Anda selalu harus menghormati mereka yang bertanggung jawab 26. Berikut ini {tidak termasuk} dalam keuntungan pengukuran kecepatan... A. Mengurangi kebosanan B. Tingkatkan kawasan C. Tingkatkan pemahaman D. Tingkatkan keterampilan bahasa lainnya 27. Tujuan yang ingin dicapai seseorang ketika membaca teks atau wacana adalah... A. Pengetahuan tentang topik atau ide teks atau wacana B. Mengenai informasi spesifik dengan cepat tanpa membaca semuanya C. Ketahui pendapatnya secara umum D. Memahami dan mencari informasi dari bacaan 28. Banjir yang melanda sebagian besar wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur belum surut. Rumah masih dibanjiri air pada ketinggian 0,5-1,5 meter. Penduduk harus ditampung di tempat penampungan, yang sekarang memiliki puluhan ribu orang. Laporan ini menyajikan acara... A. Banjir di Jawa Tengah dan Jawa Timur B. Nasib penduduk terkena dampak banjir C. Rumah-rumah kebanjiran D. Penduduk melarikan diri ke tempat yang aman 29. O ananda, ditentukanlah Bertanggung jawab atas ke tengah tepi Menepati sumpah menepati janji Agar hidupmu tidak menjadi kejam. Pernyataan yang tidak merujuk pada puisi adalah... A. Terdiri dari empat array B. Berisi pesan moral, agar kita selalu menepati janji C. Pola sajak dalam ayat adalah a-a-a-a D. Dua baris pertama adalah sampiran dan dua baris terakhir berisi konten 30. Hanya jawaban menakutkan Murka Tuhan adalah Waidul-Kahri Menjadi tidak bahagia di luar negeri .......................................... Baris yang tepat untuk menyelesaikan puisi itu adalah... A. Untuk melayani suami B. Duduk, dia diam C. Sendiri menyaksikan D. Weh meningkat setiap hari 31. Blok bangunan cerita ini berhubungan dengan tempat, waktu dan keadaan. Oleh karena itu, elemen-elemen ini merujuk pada dimana cerita itu terjadi, kapan cerita itu terjadi, dan dalam keadaan apa cerita itu terjadi. Elemen yang dimaksud untuk membangun sebuah cerita pendek adalah... A. Sungai B. Tema C. Pengaturan D. Ilustrasi 32. Cerpen yang dikumpulkan dalam teks adalah enam buah dari tahun 1957-1963 Tanda baca (-) yang menandai tahun dalam kalimat adalah sama dengan... A. Jarak tempuh B. Ayo C. Kelanjutan D. Hingga 33. Plot narasi dijelaskan seri dari A hingga Z, yang... A. Maju ke depan B. Aliran konvensional C. Sungai biasa D. Mereka mengalir mundur 34. Cerita atau narasi fiksi dan relatif pendek disebut... A. Novel B. Prosa C. Pantun D. Cerita pendek "Harga di pasar mungkin lebih bias, Fa! Tapi nenek saya tidak bisa menurunkan buah dan menaruhnya di pasar, masih ada orang yang ingin datang ke sini untuk membeli, ini menguntungkan," kata nenek lagi. Nada suaranya kembali dan menerimanya apa adanya. "Hm ... kalau mungkin, kita akan menjualnya, Nek! Ngomong-ngomong, nenek saya punya tiga ribu rupiah, boleh kan, Nenek?" Nek Zahwa melihat. "Tidak apa-apa, kecuali kamu dimarahi oleh orang tuamu..............0, 35. Nilai-nilai siswa dalam cerita pendek di atas adalah... A. Kita harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya B. Kita harus membantu orang yang bermasalah C. Kita harus menggunakan nenek yang lemah D. Kita harus menyerah untuk menerima takdir 36. Difa karakter dalam kutipan di atas dari cerpen adalah... A. Kebohongan seperti B. Cerdas dan meyakinkan C. Suka cheat D. Bantuan suka 37. Topik yang diangkat penulis dalam kutipan di atas dari cerpen adalah... A. Ambil setiap kesempatan B. Didedikasikan untuk orang tua C. Bekerja bersama D. Tolong bantu 38. Imam itu sudah tua. Imam dalam kalimat itu memiliki gejala... A. Spesialisasi B. Asosiasi C. Peyoration D. Perbaikan


Jawaban:

21.A

22.D

23.B

24.A

25.C

26.A

27.A

28.A

29.C

30.

31.D

32.D

33.

34.D

35.A

36.

Penjelasan:

MAAF KALAU SALAH!!

Jawaban:

21.A

22.D

23.B

24.C

25.C

26.A

27.D

28.A

29.C

30.B

31.B

32.D

33.A

34.D

35.A

36.B

37.C

38.B

Penjelasan:

semoga membantu

maaf kalo salah yaa


7. 1.Aku dilahirkan di sebuah keluarga yang sangat konservatif, teguh memegang prinsip serta adat yang belaku, yang menurutku terlalu kaku. Sejak kecil aku dididik dengan sangat disiplin terutama dalam Hal yang berhubungan dengan ibadah, walaupun aku belum dikenal kewajiban karena memang aku belum nendapat haid. Orang tuaku pada saat-saat tertentu selalu mengajakku ke musholla di samping rumah. Belajar mengaji Alquran setelah sholat maghrib, kemudian mengaji kitab kuning sesuai sholat isya'. Sesudah sholat subuh pun aku diharuskan setor hafalan surat-Surat pendek dan surat-surat penting dalam Alquran kepada ayahku. Bagiku beliau adalah sosok ayah sekaligus guru yang sangat keras dalam mendidik serta mengajar anak-anaknya.Keadaan fisik tokoh dalam cuplikan novel tersebut adalah....a.disiplinb.terkekangc.taat beragamad.masih remaja2.Kalimat sanggahan dalam diskusi antara lain....a.Tidak udah emosi, begitu saja sampai bersuara keras bak macamb.Dari tadi nada Nicaragua Anda seolah terpandai di ruangan inic.Sudahlah, terserah saja. Asal risiko ditanggung sendirid.Menurut pendapat saya, sebaiknya pelaksanaanya ditunda dahulu3.Peryataan yang baik untuk menolak suatu pendapat dalam sebuah diskusi adalah....a.Ah, yang Saudara sampaikan tersebut sangat tidak masuk akal; kita tidak menanamkan nilai-nilai sosial.b.Maaf, menurut saya, rasa sosial, kepekaan Anda kurang, tetapi rasa egois makin belipat-lipat dengan memetuskan aturan buat memungut biaya kepada peserta.c.Menurut saya, apa yang Saudara sampaikan tidak sejalan dengan visi kegiatan ini karena dengan adanya beban biaya untuk peserta, nilai sosial kegiatan ini jadi hilang.d.Ketua yang saya hormati, terus terang saya tidak mendukung apa yang disampaikan pembicara. Ia tidak memahami arti rasa sosial dan nilai-nilai solidaritas yang selama ini kita dengung-dengunkan.4.Pemilihan diksi yang digunakan dalam membuat puisi mempertimbangkan adanya....a.temab.rima dan persajakanc.baris dan baitd.majas dan persajakan5.Berikut yang merupakan stair adalah....a.Adalah raja sebuah negeri Sultan Agus bijak bestari Asalnya baginda raja yang berhari, Melimpahkan pada dagang biar peri.b.Berburu ke pandang datar dapat rusa belang kaki; Berburu kepalang ajar ba' bunga kembang tak jadic.Harimau menderam di negeriku Gajah mendering bunyi suaraku Suaraku seperti bunyi halilintar Bibir terkatup gigi terkunci.....d.Barang siapa tidak memegang agama Sekali-kali tidak boleh dibilang nama


Nih, dengan senang hati akan saya jawab sekaligus penjelasan dan alasan-alasannya.

1. C.
2. D.
3. D.
4. D.
5.A.


1. C.
Kenapa harus C.? Soal nomor 1 ini cukup mengkecohkan, namun lihat kalimat akhirnya "Bagiku, beluai adalah sosok ayah sekaligus guru yang sangat kerasa dalam mendidik serta mengajar anak-anaknya" Memang dalam awalan paragraf ada kata "Terlalu kaku" dan inilah yang mengkecoh. Namun akhir dari cerita ini menggambarkan bahwa sang ayah ingin putrinya menjadi sosok wanita yang shaleh sehingga patutlah ajaran tersebut ditegakan mengingat zaman yang semakin berubah.

No. 2 Jawaban D.
Kenapa jawabannya D.? Dalam berdiskusi ada yang namanya musyawarah dan dalam memberikan pendapat atau saran atau menyangkal haruslah menggunakan bahasa yang sopan, lugas, dan objektif. Jawaban D. jelas-jelas adalah jawaban yang tepat.

No. 3 jawaban D.
Kenapa jawabannya D.? Penjelasannya sama dengan No. 2

No. 4 jawaban D.
Kenapa jawabannya D.? Dalam pembuatan puisi ada yang namanya majas dan persajakan yang perlu diperhatikan. Kenapa nggak B. Rima dan persajakan. Jelas-jelas ini bukanlah Syair yang rimanya harus sangat diperhatikan. Puisi dengan Syair berbeda ya.

No. 5 jawaban A.
Kenapa jawabannya A.? dalam syair akhir kata dalam setiap bait haruslah sama, berirama (A-A-A-A). Jadi jawaban No. 5 adalah A. yang benar.

Ok, sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat ^-^

Jangan lupa untuk memperdalam sastra lebih dalam lagi terutama EYD-nya.
Masih punya banyak pertanyaan tentang sastra, sip, saya siap membantu seputar sastra dan bahasa

8. bacalah paragraf laporan berikut!pada hari Minggu tanggal 14 Agustus 2016, sd kusuma bangsa mengadakan pameran dan pergelaran karya seni siswa. karya seni yang ditampilkan dalam pameran tersebut meliputi lukisan, kerajinan tangan, kain batik, pembacaan puisi, dan pembacaan cerita pendek...........para orang tua siswa yang hadir dalam acara tersebut bangga atas pertunjukan yang ditampilkan oleh anak-anak mereka. seluruh warga sekolah juga merasa bangga atas keberhasilan diselenggarakannya acara tersebut. Kepala Sekolah yang juga berpartisipasi dalam acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan menumbuhkan jiwa seni dalam diri siswa di SD Kusuma Bangsa,serta Mempererat hubungan antara guru, siswa, dan wali siswa.kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan rumpang tersebut adalah.....a. Hari ini ditunjukkan dengan pertunjukan musik kolaborasi antara siswa dan guru sd kusuma bangsab. pertunjukkan seni yang sangat menarik disajikan dalam kegiatan tersebut dan membuat suasana semakin meriah.c. guru dan wali murid sd kusuma bangsa berkolaborasi dalam pertunjukan musik sebagai pengisi acara tersebutd. salah satu pengisi acara dalam pergelaran seni tersebut adalah pertunjukan musik kolaborasi antara siswa dan guru sd kusuma bangsa



b. pertunjukkan seni yang sangat menarik disajikan dalam kegiatan tersebut dan membuat suasana semakin meriah.

9. MENDATARMENURUN1 membuang dengan 24. yang termuat 1b. puisi lama dengankuatdalam baris pertama dua baris sampiran2. konjungsi tujuan dan kedua pantun dan dua baris ist6. berbelas kasihan 25. ganti, pindah Ic.. puisi lama dengan7. puisi lama dua27. hanya, jugaempat baris isbaris berisi nasihat 28. jenis bahasa yang2 kata ajakan8. tanpa namabiasa digunakan3.persajakan dalam11. sebutan untuk dalam syairpuisipantun di daerah jawa 34 sebutan bagi4. kata ganti orang13.. waktu, masaseluruh kepulauan ketiga17.. di sana (kata Indonesia5. baris puisitunjuk jauh)36. Konjungsi kausal 7. suhu, master18. nenek moyang37. kata larangan7b.. tua19. ungkapan38. permintaan 9. bagaikan22. bagus, elok melakukan sesuatu 10. isi gurindamI pantun dalambahasa agalog12. kata ganti orangkedua14 kependekanbeberapa kata yangbisa dilafalkansebagai kata15. baris ketiga dankeempat pantun16. edukatif20. hanya21. sepuluh ribu23. unggul, besar24. Juga26. susah hati, sedih27. konjungsi syarat29. konjungsitemporal (waktu)30. nasihat, imbauan31. kata ajakan32. rukun, kompak33. sujana35. lansir, sebar luas​


Jawaban:

Jdndbfu ib rurb br herbeu r th r tur rbht th r t u


10. apa unsur intrinsik dari cerpenKENANGAN YANG TERTINGGALOleh: Gola GongKetika rencana pembuatan jalan bebas hambatan itu jadi pembicaraan di surat kabar dan televisi, maka Buyunglah yang paling gelisah di antara seisi rumah. Bagaimana tidak. Proyek jalan tol itu melintasi tanah orang tuanya, tempat padepokan seninya berada. Jika tanah orang tuanya kena gusur, berarti hilang sudah padepokannya, tempat dia belajar kesenian bersama teman-teman sekolahnya.Tapi, bapak, ibu, dan kedua kakak perempuannya malah menyambut gembira rencana itu. Kelihatannya mereka sedang membayangkan uang ganti rugi yang mencapai puluhan juta. Wah, Bapakku bisa tambah kaya, nanti! Pikir Buyung. Dan kalau Buyung mencoba menentang rencana penggusuran tanah itu, kedua kakaknya pasti menertawakannya dan dengan kompak mengatakan bahwa dirinya adalah orang yang terlalu mementingkan dirinya sendiri. Egois. Tidak mementingkan orang banyak.“Padepokan Buyung bagaimana, Pak?” Protes Buyung manja.“Padepokan saja yang kamu urusi, Buyung!” kata Bapak agak kesal. Beliau memasukkan tembakau ke pipa cangklongnya. “Kamu kan bisa bikin lagi di tanah Bapak yang lain! Bikin padepokan lagi di sana!”Tanah orang tuanya memang banyak. Warisan turun temurun. Jika tanah tempat padepokannya itu kena proyek jalan tol, maka tanah bapaknya masih bertebaran. Bapaknya memang terkenal dengan sebutan feodal, juragan tanah, karena punya tanah di mana-mana. Bapaknya sangat disegani orang-orang. Tapi, walaupun begitu bapaknya selalu mengelak jika dicalonkan menjadi kepala desa atau yang lebih tinggi dari itu. Misalnya anggota dewan di kabupaten sekalipun

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner