2 Jawablah pertanyaan berdasarkan permasalahan tersebut! Bu Ani, salah satu guru di Kelompok Bermain Pertiwi, mengalami kesulitan dalam pengenalan literature pada anak sejak dini, khususnya anak didiknya yang berusia 3-4 tahun. Bu Ani berharap selain dapat mengembangkan kemampuan bahasa tulisan, literature yang dikenalkan pada anak juga dapat mengembangkan bahasa lisan anak. Berdasarkan pemasalahan Bu Ani ini, maka : a. Tentukan kriteria literature yang sesuai dengan usia anak! b. Jelaskan cara untuk mengembangkan minat baca anak dan cinta terhadap buku!
1. 2 Jawablah pertanyaan berdasarkan permasalahan tersebut! Bu Ani, salah satu guru di Kelompok Bermain Pertiwi, mengalami kesulitan dalam pengenalan literature pada anak sejak dini, khususnya anak didiknya yang berusia 3-4 tahun. Bu Ani berharap selain dapat mengembangkan kemampuan bahasa tulisan, literature yang dikenalkan pada anak juga dapat mengembangkan bahasa lisan anak. Berdasarkan pemasalahan Bu Ani ini, maka : a. Tentukan kriteria literature yang sesuai dengan usia anak! b. Jelaskan cara untuk mengembangkan minat baca anak dan cinta terhadap buku!
Literatur didefinisikan sebagai suatu karya tulis yang berguna untuk dijadikan rujukan atau acuan dalam sebuah kegiatan seperti bidang pendidikan atau lainnnya yang dianggap mempunyai manfaat bagi masyarakat. Adapun beberapa kriteria literatur bagi anak usia 3 hingga 4 tahun yakni:
Literatur yang menampilkan gambar menarik dan sederhana.Literatur bergambar yang memberikan kesempatan anak untuk memanipulasinya.Literatur yang memberikan kesempatan kepada anak untuk mengenali objek tertentu yang bermakna baginya.Literatur yang menampilkan tokoh dan alur yang mencerminkan perasaan anak.Selain itu, adapun cara untuk mengembangkan minat baca pada anak yakni:
Mengenalkan buku sejak masi balita.Mengawali dengan membacakan sebuah dongen.Memberikan hadiah berupa buku yang menarik dan bergambar.Memberikan contoh mengenaik dampak baik dari membaca buku.Membuat runag baca yang menarik bagi anakPembahasan
Literatur didefinisikan sebagai suatu karya tulis yang berguna untuk dijadikan rujukan atau acuan dalam sebuah kegiatan seperti bidang pendidikan atau lainnnya yang dianggap mempunyai manfaat bagi masyarakat. Adapun fungsi dari literatur yakni:
Memberikan sebuah informasi yang dibutuhkan kepada pembaca.Memperkuat informasi yang di hasilkan dari suatu analisis.Menambah pengetahuan menjadi lebih banyak.Jenis-jenis literatur berdasarkan sifatnya yakni:
Dokumen tekstual.DOkumen non-tekstual.Dokumen campuran.Pelajari lebih lanjut:
Materi tentang literatur https://brainly.co.id/tugas/7314814
#BelajarBersamaBrainly
#SPJ1
2. 220Jawablah pertanyaan berdasarkan permasalahan tersebut!Bu Ani, salah satu guru di Kelompok Bermain Pertiwi, mengalami kesulitan dalampengenalan literature pada anak sejak dini, khususnya anak didiknya yang berusia 3-4tahun. Bu Ani berharap selain dapat mengembangkan kemampuan bahasa tulisan,Iterature yang dikenalkan pada anak juga dapat mengembangkan bahasa lisan anak.Berdasarkan pemasalahan Bu Ani ini, makaTentukan kriteria literature yang sesuai dengan usia anak!b. Jelaskan cara untuk mengembangkan minat baca anak dan cinta terhadap buku!30Bu Ratna adniadi kelompok B TK Nusantara berusia 50 tahun lebih. Sudah cukup
notasi yang menunjukan angka dua adalah
3. Isi pertanyaan dibawah ini1 olahraga apa yang paling kamu senangi 2 tuliskan apa yang kalian tahu olahraga / permainan tradisional yg suka dilakukan di usia anak anak (tulis sebanyak banyaknya)3 gerakan apa saja yg di pelajari dalam aktifitas senam lantai4 tuliskan permainan yg menggunakan bola besar( 4 macam)5 tuliskan olahraga yg tida menggunakan alat(4 macam)
Jawaban:
1. Bersepeda dan berlari
2. Lompat tali, sepak bola, gobak sodor, Sunda Manda/ engklek, petak umpet
3. Roll depan, Roll belakang, kayang, headstand, kopstand.
4. Sepak bola, basket, Rugby, Bowling
5. Jogging, push up, Squat jump, Berlari
TERIMAKASIH SEMOGA MEMBANTU
Jawaban:
1:badminton
2:gobak sodor,egrang,dll
3:melengkung,horizontal,vertikal,dll
4:bola basket,voli,sepakbola,sepak takraw
5:joging,yoga,senam,squat
jadikan yang terbaik
follow
4. PTS Bahasa Indonesia Semester 2Jawab pertanyaan berikut dengan tepat !* WajibNama *Kelas *Bacalah kutipan teks di bawah ini !Anak-anak hampir di seluruh dunia, terutama di kota-kota besar, kini semakin gemuk dan semakin diperburuk dengan gaya hidup yang tidak sehat. Lalu, bagaimana kita dapat mengatasinya? Cara terbaik adalah bermain olahraga bagi anak-anak semua usia. Beraktivitasmelalui permainan olahraga akan menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat. 1. Isu yang terdapat dalam kutipan teks di atas adalah …. *4 poinA. Anak-anak di seluruh dunia semakin gemuk.B. Gaya hidup yang tidak sehat harus segera diatasi.C. Permainan olahraga bagi anak-anak dapat mengatasi gaya hidup.D. Cara terbaik menjaga kesehatan anak-anak adalah dengan bermain olahraga.Bacalah soal di bawah ini untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!Banyak yang mendukung keputusan pemerintah itu, namun banyak juga yang menentang. Mereka yang menentang beralasan penerbangan murah itu yang membuat masyarakat Indonesia lebih cenderung bertamasya ke negara tetangga. Padahal banyak obyek wisata indah di Indonesia yang menarik, hanya memang masih kurang dipromosikan oleh pemerintah. 2. Mengapa banyak orang yang menentang penerbangan murah? Alasan yang terdapat dalam teks di atas adalah …. *
Jawaban:
c. itu jawaban nya dek kok kamu males
5. •°Quizz°• {8 point}{Quizz mapel penjaskes} [3 pertanyaan]1. Apa yg dimaksud dengan bola voli mini...???2. Berapa usia anak anak yg dapat memainkan permainan bola voli mini...???3. Sebutkan bentuk lapangan bola voli mini dan beserta ukurannya...!!!note=jan ngasal kalau ngasal ku reportgk tau gk usah jawab wajib jawab semua pertanyaanoke makasih
Jawaban:
1. Permainan bolavoli mini adalah permainan bolavoli yang dimainkan di atasl apangan kecil dengan empat orang pemain tiap timnya.
2. Bola voli mini dikhususkan untuk anak-anak usia 9 sampai 13 tahun.
3. Ukuran lapangan bola voli mini memiliki panjang 12 meter. dan lebar 5,5. meter, dengan tinggi bagian atas net dari permukaan tanah mencapai 2 hingga 2,1 meter. Panjang dari net dalam permainan.
Penjelasan:
Semoga membantu dan tolong jadikan jawaban tercerdas ya
6. penanganannya lebih cepat dan efektif.Penyakit asma disebabkan oleh pembengkakanpada saluran pernapasan. Tanda dan gejala umumasma pada anak, antara lain terdapat pada bunyi siulanpada saat bernapas, batuk, dan napas menjadi pendek.Penyakit ini sangat menganggu karena menyebabkananak tidak dapat bermain, berolahraga, dan melakukanaktivitas harian pada umumnya. 8. Kalimat tanya berikut yang sesuai dengan informasidalam teks adalah .....a. Mengapa penakit asma pada anak - anak semakinmeluas?b. Di usia berapa anak - anak rentan terhadap penyakitasma?c. Langkah apa saja yang dapat dilakukan untukmencegah penyakit asma pada anak?d. Apa penyakit asma pada anak?
Jawaban:
D.Apa penyakit asma pada anak?
maaf klo salah
7. Anak Usia Dini 2-3 Tahun rata-rata belum banyak menunjukan perkembangan yang baik dalam kecerdasan interpersonal. Walaupun terlihat lincah dan dapat menjalin hubungan dengan sebaya, anak usia 2-3 tahun masih pada tahap memberi perhatian, bermain bersama dan berbicara dengan sebaya. Sementara itu anak KB dan TK sudah berani mengkomunikasikan masalahnya kepada orang lain, memiliki kemampuan menggunakan isyarat interpersonal, seperti sentuhan dan kontak mata, mengajari teman sebaya, menikmati kegiatan sosial, terdorong memimpin dan berani bersosialisasi dengan orang baru. Dalam hal ini, Kecerdasan interpersonal merupakan kecerdasan dengan indikator-indikator yang menyenangkan bagi orang lain. Sikap-sikap yang ditunjukan oleh anak-anak dengan kecerdasan interpersonal sangat menyejukan dan penuh kedamaian. Pertanyaan Berdasarkan pengalaman saudara, analisislah kasus kecerdasan interpersonal di atas dilihat dari konsep multiple intelligences! Dari pengalaman tersebut juga, tuliskan 3 indikator kecerdasan interpersonal anak usia 2-3 tahun!
Jawaban:
Yaitu
Penjelasan:
1. sudah berani mengkomunikasikan masalahnya kepada orang lain,
2. memiliki kemampuan menggunakan isyarat interpersonal, seperti sentuhan dan kontak mata, mengajari teman sebaya, menikmati
3. terdorong memimpin dan berani bersosialisasi dengan orang baru
8. Anak Usia Dini 2-3 Tahun rata-rata belum banyak menunjukan perkembangan yang baik dalam kecerdasan interpersonal. Walaupun terlihat lincah dan dapat menjalin hubungan dengan sebaya, anak usia 2-3 tahun masih pada tahap memberi perhatian, bermain bersama dan berbicara dengan sebaya. Sementara itu anak KB dan TK sudah berani mengkomunikasikan masalahnya kepada orang lain, memiliki kemampuan menggunakan isyarat interpersonal, seperti sentuhan dan kontak mata, mengajari teman sebaya, menikmati kegiatan sosial, terdorong memimpin dan berani bersosialisasi dengan orang baru. Dalam hal ini, Kecerdasan interpersonal merupakan kecerdasan dengan indikator-indikator yang menyenangkan bagi orang lain. Sikap-sikap yang ditunjukan oleh anak-anak dengan kecerdasan interpersonal sangat menyejukan dan penuh kedamaian. Pertanyaan Berdasarkan pengalaman saudara, analisislah kasus kecerdasan interpersonal di atas dilihat dari konsep multiple intelligences! Dari pengalaman tersebut juga, tuliskan 3 indikator kecerdasan interpersonal anak usia 2-3 tahun!
Jawaban:
1.)Dapat bergaul dengan teman sebaya nya
2.)mengetahui berbagai hal tentang lingkungan di sekitar
3.)Dapat mengekspresikan apa yg ia rasakan.
semoga membantuPenjelasan:
jangan lupa follow ya
9. 11. Cermatilah kutipan percakapan berikut!(Seorang Ayah saat jalan-jalan bersamaanaknya berusia 5 tahun ke pasar modern.Tiba-tiba anaknya hilang dari pantauannya.Dia datang ke petugas penjagaan danmenanyai salah satu petugas. Dia tampakkebingungan)Bapak: Mas, mau tanya apakah tadiMas melihat seorang anakperempuan berumur 5 tahun.Badannya gendut, rambutnyapanjang, pakaiannyaberwarna merah muda.Pramuniaga : Oh, tadi dia lari-lari ke tamanbermain, Pak! (menunjukarah)Bapak : Terima kasih, Mas.Pramuniaga : Sama-sama, Pak.Hal yang dideskripsikan dalam kutipanpercakapan di atas adalah ....a. kebingungan bapak karena kehilangananakb. ciri-ciri anak yang hilangc. perilaku anak yang hilangd. pakaian anak yang hilang:
Jawaban:
ciri-ciri Anak Yang Hilang
Kalau Kakak Salah,Kakak Minta Maaf Ya
10. Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut!Sering kita lihat anak-anak usia sekolah khususnya anak MTs sudah menggunakan perangkatteknologi / gadget seperti HP bahkan Tablet. ke sekolahpun anak-anak tak segan untukmembawa HP tanpa mereka hiraukan dampak negatifnya. Fitur-fitur yang tersedia di HPseperti kamera, permainan, aplikasi internet akan mengganggu siswa dalam menerimapelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms,miscall, Face Book dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagiada yang menggunakan HP untuk mencontek dalam ulangan, bermain HP saat gurumenjelaskan pelajaran, dan sebagainya. Hal itulah yang akan mengganggu kemampuan dayapikir anak dalam belajar.Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks eksposisi tersebut adalah ....a. Berapa banyakkah kalangan anak usia sekolah yang memakai HP?b. Apakah HP canggih dilengkapi fitur-fitur seperti kamera, permainan akan mengganggusiswa dalam belajar?C. Apa sajakah dampak negatif penggunaan HP di kalangan anak MTs?d. Apakah penggunaan HP pada kalangan anak MTs dapat membantu mereka dalammengerjakan soal?minta bantuannya
Jawaban:
yang C mungkin maap kalau salah
11. Anak Usia Dini 2-3 Tahun rata-rata belum banyak menunjukan perkembangan yang baik dalam kecerdasan interpersonal. Walaupun terlihat lincah dan dapat menjalin hubungan dengan sebaya, anak usia 2-3 tahun masih pada tahap memberi perhatian, bermain bersama dan berbicara dengan sebaya. Sementara itu anak KB dan TK sudah berani mengkomunikasikan masalahnya kepada orang lain, memiliki kemampuan menggunakan isyarat interpersonal, seperti sentuhan dan kontak mata, mengajari teman sebaya, menikmati kegiatan sosial, terdorong memimpin dan berani bersosialisasi dengan orang baru. Dalam hal ini, Kecerdasan interpersonal merupakan kecerdasan dengan indikator-indikator yang menyenangkan bagi orang lain. Sikap-sikap yang ditunjukan oleh anak-anak dengan kecerdasan interpersonal sangat menyejukan dan penuh kedamaian. Pertanyaan Berdasarkan pengalaman saudara, analisislah kasus kecerdasan interpersonal di atas dilihat dari konsep multiple intelligences! Dari pengalaman tersebut juga, tuliskan 3 indikator kecerdasan interpersonal anak usia 2-3 tahun!
Tiga indikator kecerdasan interpersonal anak usia 2 hingga 3 tahun adalah:
Rasio diajak komunikasi oleh teman sebayanya atau tingkat kepopulerannya.Tingkat kesulitan atau kemudahannya dalam bersosialisasi.Kemampuannya menjawab dan merinci hal-hal yang menimpa temannya dan lingkungan sekitarnya.PembahasanIndikator kecerdasasan interpersonal anak merupakan hal-hal yang menjadi alat ukur kemampuan interpersonal anak. Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan anak untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan diluar dirinya. Selain tiga indikator yang di uraikan di atas terdapat indikator lain yang dapat digunakan seperti:
Tingkat kegiatan bersama yang dilakukannya.Tingkat peran yang diambilnya dalam aktivitas kelompok. Rasio komunikasi yang dilakukannya didengar oleh teman-temannya.Tingakt kemampuannya mengajari temannya.Pelajari lebih lanjutMateri tentang kecerdasan interpersonal https://brainly.co.id/tugas/22393995
#BelajarBersamaBrainly #SPJ112. ..cermatilah Paragraf berikut .1 .sering kita melihat anak-anak usia sekolah khusus anak SMP sudah menggunakan perangkat teknologi handphone dan tablet __2. ke sekolah pun anak-anak tak segan membawanya Tanpa mereka hiraukan dampak negatifnya .__3.fitur-fitur yang tersedia pada alat tersebut seperti kamera permainan aplikasi internet akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah .,_4.lebih parah lagi ada yang menggunakan komputer untuk mencontek dalam ulangan_5. hal itu lah yang akan mengganggu kemampuan daya pikir anak dalam belajar .pertanyaan:.kalimat nomor 4 menyebabkan paragraf tersebut tidak padu Jelaskan alasannya?
Jawaban:
karena paragraf diatas berisi tentang dampak perangkat hp & tablet untuk anak SMP
paragraf 4 tidak padu karena menjelaskan tentang penggunaan komputer untuk mencontek dalam ujian bukan hp & tablet.
13. Di desa Cendanayang sangat terpencil, masih banyak anak-anak usia 7-12 tahun asyik bermain-main dan membantu orang tuanya bekerja. Mereka bukan mengabaikan program pemerintah tentang "wajib belajar" tetapi untuk mencapai sekolah dibutuhkan jarak yang sangat jauh dan perjalanan yang sangat sulit, mereka harus menyeberangi sungai untuk menuju ke sekolah yang ada di desa sebelah. Pertanyaan untuk menyelesaikan masalah ini adalah : Hak warga negara apa yang belum terpenuhi? Menurutmu solusi apa yang harus dilakukan pemerintah?
1 . ceritakan dan jelaskan tentang desa Cendanayang
2. perhatian dari pemerintah
3. membuat progam baru dan menyuruh orang tua untuk mengajari anak mereka
14. Cermatilah kutipan percakapan berikut ( seorang ayah saat jalan-jalan bersama anaknya berusia 5 tahun ke pasar modern. Tiba-tiba anaknya hilang dari pantauannya. Dia datang ke petugas penjagaan dan menanyai salah satu petugas. dia tampak kebingungan ) Bapak : Mas, mau tanya apakah tadi Mas melihat seorang anak perempuan berumur 5 tahun. Badannya gendut, rambutnya panjang, pakaiannya berwarna merah muda. Pramuniaga : oh, jadi dia lari-lari ke taman bermain, pak! ( menunjuk arah) Bapak : Terima kasih, mas. Pramuniaga : Sama sama pak. Hal yang dideskripsikan dalam kutipan percakapan di atas adalah....... A. Kebingungan Bapak karena kehilangan anak B. Ciri-ciri anak yang hilang C. perilaku anak yang hilang D. Pakaian anak yang hilang
Jawaban:
A. kebingungan bapak karena kehilangan anak
atau
B. ciri2 anak yg hilang
(人 •͈ᴗ•͈)
15. 2. Bacalah teks berikut."Dek, enggak usah main flying fox, ya!"."Aduh, jangan keluar rumah waktu hujan, dong.""Jangan pegang-pegang Kucingnya, ya, Dek!"Ucapan jangan, tidak boleh atau awas beberapa kali terdengar dari mulut seorang ibu saat melihat anaknya terlalu aktif bermain kesana-kemari. Wajar jika seorang ibu merasa takut saat si kecil yang masih balita terkena kotoran, terluka, dan merasa sakit. Namun, anka di atas usia satu tahun sebenarnya sudah masuk dalam masa eksplorasi. Ia memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap berbagaisekelilingnya. Masa bereksplorasi akan membantu si kecil dalam mengembangkan berbagai kemampuan dalam dirinya, antara lain kemampuan berpikir (kognitif), aktivitas indra tubuhnya (sensorik),dan kemampuan gerak (motorik).Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalahA. Apa yang menyebabkan anak menjadi tidak percaya diri?B. Kapan anak-anak mulai mengenal benda-benda di sekelilingnya?C. Bagaimana cara mengembangkan kemampuan sensorik pada anak?D. Mengapa anak di atas usia satu tahun selalu ingin melakukan sesuatu?
Jawaban:
A menyebabkan anak tidak percaya diri
16. Penyaluran bakat dan minat secara positif merupakan alasan awal anak saat memulai langkah di dunia hiburan. Seiring perkembangan “karir” anak, maka tanpa disadari pada saat itu anak sudah menjelma menjadi pekerja anak. Orang tua dituntut bersikap bijak terhadap setiap tawaran yang datang saat anaknya sedang menjadi bintang, jika tidak ingin disebut mengeksploitasi anak. Peraturan usia minimum pekerja anak yang ditetapkan di konvensi ILO nomor 138/1973 merupakan landasan hukum perlindungan terhadap anak. Orang tua hendaknya memikirkan dampak negatif dari memperkerjakan anak yang antara lain hilangnya hak dan waktu bermain anak, tersitanya waktu istirahat, kelelahan, tumbuh kembang yang tidak sesuai usia serta adanya kemungkinan faktor kekerasan fisik, psikis, ekonomi. Pertanyaan yang dapat diajukan untuk menentukan ide utama dalam penggalan artikel tersebut adalah …
Mengapa kita perlu menyaluran bakat dan minat secara positif merupakan alasan awal anak saat memulai langkah di dunia hiburan?
Maaf kalau salah
17. Anak-anak hampir di seluruh dunia, terutama di kota-kota besar, kini semakin gemuk dan semakin diperburuk dengan gaya hidup yang tidak sehat. Lalu, bagaimana kita dapat mengatasinya? Cara terbaik adalah bermain olahraga bagi anak-anak semua usia. Beraktivitas melalui permainan olahraga akan menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.Pertumbuhan fisik memerlukan banyak latihan gerak setiap hari dan cara terbaik melakukannya adalan dengan berolahraga. Para ilmuwan sudah menuniukkan bahwa anak yang berolahraga memiliki sedikit masalah kesehatan dibanding anak-anak vang hanya duduk di rumah banyak menonton televisi atau bermain video game Ada banyak jenis permainan olahraga yang dapat dimainkan anak-anak mulai dari yang tradisional seperti galasin dan lompat tali hingga yang umum seperti sepak bola, futsal, bulu tangkis, voli, senam, dan bola basket. Bersyukur kita tinggal di Indonesia dapat memainkan semua olahraga tersebut sepanjang tahun. Jadi, tidak masalah jenis olahraga mana yang kamu suka atau di mana kamu tinggal, selalu ada jenis olahraga bagi siapa saja. Tidak ada alasan mengeluh merasa bosan.Selain itu, bermain olahraga dalam tim sangat baik bagi anak-anak sebab dapat memperbanyak pertemanan. Mereka juga belajar bagaimana bekerja sama dalam satu tim dan saling membantu. Anak-anak yang tidak berolahraga tidak memiliki kesempatan untuk bersenang-senang dan memiliki banyak teman. Ini menyedihkan.Sangat jelas bahwa semua anak sebaiknya harus bermain olahraga. Olahraga membantu mereka memiliki teman baru, menjaga kebugaran dan kesehatan, dan belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain. Bermain olahraga sangat menyenangkan, jauh lebih baik daripada bosan dan suntuk di rumah.A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan teks diskusi tersebut! 1. Topik apakah yang dibahas dalam teks diskusi tersebut? 2. Mengapa anak-anak yang ada di kota besar cenderung semakin gemuk?
Jawaban:
1. manfaat berolahraga.
2.karena gaya hidup yang tidak sehat.
Penjelasan:
maaf kalau salah.
18. Latihan SiswaBacalah teks diskusi berikut ini, kemudian kerjakan tugas yang menyertainya!Anak-anak hampir di seluruh dunia, terutama di kota-kota besar, kini semakin gemuk dansemakin diperburuk dengangaya hidup yang tidak sehat. Lalu, bagaimana kita dapat mengatasinya?Cara terbaik adalah bermain olahraga bagi anak-anak semua usia. Beraktivitas melalui permainanolahraga akan menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.Pertumbuhan fisik memerlukan banyak latihan gerak setiap hari dan cara terbaik melakukannyaadalah dengan berolahraga. Para ilmuwan sudah menunjukkan bahwa anak yang berolahragamemiliki sedikit masalah kesehatan dibanding anak-anak yang hanya duduk di rumah banyakmenonton televisi atau bermain video game. Ada banyak jenis permainan olahraga yang dapatdimainkan anak-anak mulai dari yang tradisional seperti galasin dan lompat tali hingga yang umumseperti sepak bola, futsal, bulu tangkis, voli, senam, dan bola basket. Bersyukur kita tinggal diIndonesia dapat memainkan semua olahraga tersebut sepanjang tahun. Jadi, tidak masalah jenisolahraga mana yang kamu suka atau di mana kamu tinggal, selalu ada jenis olahraga bagi siapasaja. Tidak ada alasan mengeluh merasa bosan.Selain itu, bermain olahraga dalam tim sangat baik bagi anak-anak sebab dapat memperbanyakpertemanan. Mereka juga belajar bagaimana bekerja sama dalam satu tim dan saling membantu.Anak-anak yang tidak berolahraga tidak memiliki kesempatan untuk bersenang-senang dan memilikibanyak teman. Ini menyedihkan.Sangat jelas bahwa semua anak sebaiknya harus bermain olahraga. Olahraga membantu merekamemiliki teman baru, menjaga kebugaran dan kesehatan, dan belajar bagaimana bekerja samadengan orang lain. Bermain olahraga sangat menyenangkan, jauh lebih baik daripada bosan dansuntuk di rumah.A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan teks diskusi tersebut!1. Topik apakah yang dibahas dalam teks diskusi tersebut?2. Mengapa anak-anak yang ada di kota besar cenderung semakin gemuk?3. Mengapa anak-anak sebaiknya beraktivitas melalui permainan olahraga?4. Apa manfaat anak-anak melakukan permainan olahraga?B. Temukan gagasan pokok masing-masing paragraf dengan menuliskannya dalam bentuk tabelberikut!Paragraf dalam TeksGagasan PokokParagraf 1Paragraf 2Paragraf 3Paragraf 4C. Tuliskan simpulan isi teks diskusi tersebut berdasarkan gagasan pokok yang telah Andatemukan!please jwbnnya dongg
1 anak anak di kota semua gemuk
2 karena gaya hidup yang tidak sehat
3 agar tidak gemuk
4 sehat,tak gemuk,dll
19. "Jika Kurang Jelas di Foto" Dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu, saat ini anak-anak mungkin akan lebih sulit dipisahkan dari game di gadget mereka. Namun percayalah, pembatasan jam main game pada anak perlu untuk dilakukan. Sebuah studi baru menemukan, anak yang main video game lebih sedikit setiap harinya memiliki mood yang lebih stabil dibandingkan dengan anak-anak yang bermain lebih lama. Peneliti menemukan, anak yang main video game kurang dari satu jam dalam sehari cenderung lebih bahagia dan memiliki mood yang stabil daripada anak yang main dengan durasi lebih dari itu. Bermain game lebih dari tiga jam sehari dapat memberikan efek yang kebalikannya. Studi yang dipublikasi dalam jurnal Pediatrics itu menemukan, anak yang bermain video game dalam waktu lama cenderung untuk menjadi moody, tidak bahagia dengan hidupnya dan bersikap negatif. Andrew Przbylski, psikolog di Oxford Internet Institute, bagian dari University of Oxford, Inggris, mengatakan, orangtua perlu membatasi waktu anak mereka untuk bermain video games. Pasalnya kegiatan tersebut dapat mempengaruhi perkembangan emosi dan sosial anak, baik secara positif maupun negatif. Faktor lainnya yang memiliki peranan penting dalam kesehatan emosi anak, yaitu stabilitas dalam keluarga, serta hubungan anak dengan lingkungan sekolah. Untuk mengetahui hubungan antara bermain video game dengan perkembangan emosi, peneliti melibatkan 5.000 orang anak laki-laki dan perempuan berusia 10 hingga 15 tahun. Mereka menghitung waktu yang dihabiskan mereka untuk bermain video game setiap harinya. Kemudian mereka juga membagikan kuesioner untuk mengetahui kesehatan dan perkembangan emosi dari peserta. Hasilnya, anak yang bermain video game kurang dari satu jam setiap harinya cenderung lebih bahagia akan hidupnya daripada mereka yang bermain lebih lama. Sementara anak yang bermain lebih dari tiga jam menunjukkan gejala yang sebaliknya, mereka cenderung lebih tidak bahagia dan mudah mengalami mood yang buruk. Meskipun jelas ada hubungan antara bermain game dengan stabilitas emosi, namun efek yang ditimbulkan tidak terlalu besar sehingga peneliti masih mempertanyakan apakah hubungan benar-benar secara signifikan terlihat. Pertanyaan: 1. Apakah teks tersebut berisi pemaparan detail mengenai suatu hal ? 2. Apakah terdapat pendapat penulis dalam teks tersebut? Jelaskan pendapatmu. 3. Apakah terdapat alasan(argumentasi) penulis dalam teks tersebut? Jelaskan pendapatmu 4. Berdasarkan pengatanmu terhadap teks tersebut, apakah yang dimaksud dengan teks eksposisi? tolong dijawab secepatnya ya plss
Jawaban:
Penjelasan:
1. Ya
2. Ya. Ada pada paragraf 1. "namin percayalah"
3. sama dengan jawaban no 2.
4. teks exposisi adalah teks perbandingan. dimana di dlm cerita ada perbandingan 2 atau 3 objek cerita