Jawaban ayo kita berlatih 3.1 hal:86 pelajaran matematika kelas 8
1. Jawaban ayo kita berlatih 3.1 hal:86 pelajaran matematika kelas 8
ayo kita berlatih 3.1 matematika kls 8
soal nomor 1
relasi yang dapat dibuat dari himpunan A = {4, 9, 16, 25} ke himpunan B = {1, 2, 3, 4, 5} adalah
a) kurang dari
b) akar dari
c) kelipatan dari
d) kuadrat dari
4 -----------> 2
9 -----------> 3
16 ----------> 4
25 ---------> 5
4 kuadrat dari 2
9 kuadrat dari 3
16 kuadrat dari 4
25 kuadrat dari 5
jadi jawabannya adalah kuadrat dari (D)
soal nomor 2
tentukan aturan relasi yang mungkin dari himpunan P ke himpunan Q jika diketahui himpunan p = { 2, 3, 4, 6, 8, 10} dan himpunan Q = {1, 2, 3, 5} serta himpunan pasangan berurutannya adalah {(2,1), (4,2), (6,3), (10,5)}
jawab :
2 ---------------> 1
4 ---------------> 2
6 ---------------> 3
10 --------------> 5
2 dua kalinya dari 1
4 dua kalinya dari 2
6 dua kalinya dari 3
10 dua kalinya dari 5
jadi aturan relasi yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B adalah dua kalinya dari
soal nomor 3
dari diagram dibawah ini tentukan relasi yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B
A B
0 ------------> 0
1 ------------> 1
4 ------------> 2
9 ------------> 3
0 kuadrat dari 0
1 kuadrat dari 1
4 kuadrat dari 2
9 kuadrat dari 3
jadi relasi yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B adalah kuadrat dari
soal nomor 4 dan pembahasannya bisa disimak di
brainly.co.id/tugas/12627408
soal nomor 5 dan pembahasan bisa disimak di
brainly.co.id/tugas/11731023
soal nomor 6 dan pembahasan dapat disimak di
brainly.co.id/tugas/17092668
soal nomor 7 dan pembahasan dapat disimak di
brainly.co.id/tugas/12094559
soal nomor 8 dan pembahasan dapat disimak di
brainly.co.id/tugas/11768725
soal nomor 9 dan pembahasan dapat disimak di
brainly.co.id/tugas/12269243
soal nomor 10 dicoba sendiri yaaa
======================================================
kelas : 8
mapel : matematika
kategori : himpunan
kata kunci : latihan 3.1
kode : 7.2.1
2. Jawaban ayo kita berlatih 3.1 matematika hal 204 kelas 7
Bentuk aljabar merupakan suatu bentuk dalam matematika yang penyajiannya memuat huruf-huruf untuk mewakili bilangan yang belum diketahui. Bentuk aljabar terdiri dari variabel, koefisien dan konstanta. Soal yang ditanyakan adalah soal "Ayo Kita Berlatih 3.1".
Variabel adalah suatu nilai yang belum diketahui, biasanya diwakili dengan huruf-huruf tertentu
Koefisien adalah pengali atau faktor dari suatu variabel
Konstanta adalah suatu nilai yang tetap dan jelas (tidak memiliki variabel)
Pembahasan
1) Misal x adalah banyak beras dalam 1 karung beras. Bentuk aljabar dari beras yang dibeli Pak Veri adalah
2x + 5
(2x karena membeli 2 karung dan ditambah 5 karena, Pak Veri membeli lagi beras sebanyak 5 kg)
2) Misal x adalah panjang kain dalam satu gelondong kain. Bentuk aljabar kain yang digunakan untuk menjahit adalah
3x - 4
(3x karena ada 3 gelondong kain dan dikurang 4 karena kain bersisa 4 m)
3) Misal
x = harga sekarung tepung
y = harga sekarung kelapa
z = harga sekrat telur
Bentuk aljabar harga semua bahan yang dibeli oleh Bu niluh adalah
2x + y + 5z
4) Misal x adalah waktu dalam hari
Bentuk aljabar dari sisa uang Wafi setiap harinya adalah
70.000 - 9.000x
5) Nyatakan rute berikut dalam bentuk aljabar
a. 1 - 2 - 3 - 4
1 - 2 : x + x + y + x = 3x + y
2 - 3 : x + y + x + y + x = 3x + 2y
3 - 4 : y + x + y + y = x + 3y
1 - 2 - 3 - 4 :
= (3x + y) + (3x + 2y) + (x + 3y)
= 7x + 6y
b. 1 - 6 - 5 - 4
1 - 6 : y + y + y + y = 4y
6 - 5 : y + y + x + y = x + 3y
5 - 4 : x + x + x + y + x = 4x + y
1 - 6 - 5 - 4
= 4y + (x + 3y) + (4x + y)
= 5x + 8y
Kedua rute tersebut tidak sama jaraknya
Rute 1 - 2 - 3 - 4 adalah 7x + 6y
Rute 1 - 6 - 5 - 4 adalah 5x + 8y
lebih pendek rute 1 - 2 - 3 - 4 karena panjang denah = 6x dan lebar denah = 6y, maka
rute 1 - 2 - 3 - 4 = 7x + 6y = x + 6x + 6y = x + p + l sedangkan
rute 1 - 6 - 5 - 4 = 5x + 8y = 6x + 6y - x + 2y = p + l - x + 2y
Contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah rute dari rumah ke sekolah lewat jalan berbeda.
6) Keliling bangun datar = jumlah sisi-sisi pada bangun datar
a. Keliling bangun a
= x + y + x + y
= 2x + 2y
b. Keliling bangun b
= y + (x - b) + a + b + (x - 2a) + b + a + (x - b)
= 2x + 2y
c. Pada gambar : x = b + d dan y = a + c maka
keliling bangun c
= y + x + a + b + c + d
= y + x + (a + c) + (b + d)
= y + x + y + x
= 2x + 2y
d) Pada gambar :
x = p + r + r = p + 2r dan
y = q + r + s + r + r = q + 3r + s
maka keliling d
= y + p + q + r + r + r + s + r + r + r + r + p
= y + 2p + q + 7r + s
= y + (p + 2r) + (p + 2r) + (q + 3r + s)
= y + x + x + y
= 2x + 2y
Dari keempat gambarr tersebut, kelilingnya sama (tidak ada yang memiliki keliling terpanjang)
11) Tentukan suku, variabel, koefisien dan konstanta
a. 9x
suku : satu suku yaitu 9xvariabel : xkoefisien x : 9konstanta : tidak adab. 3x² + 6y + 2
Suku : tiga suku yaitu 3x², 6y dan 2Variabel : x² dan yKoefisien : x² = 3 dan y = 6Konstanta : 2c. 2s² + 3a + 4a³ + 5t⁴ - 7
Suku : lima suku yaitu 2s², 3a, 4a³, 5t⁴ dan -7Variabel : s², a, a³ dan t⁴Koefisien : s² = 2, a = 3, a³ = 4 dan t⁴ = 5Konstanta : -712) Suku-suku sejenis
a. 9k + 8m - 4km - 15k + 7km
Suku-suku sejenis :
9k dengan -15k -4km dengan 7kmb. 7p² - 8p²q - 11p² + p²q + 12pq²
suku-suku sejenis
7p² dengan -11p²-8p²q dengan p²q13) Sederhanakan
a. 5x - 3x
= 2x
b. 9 + 4x - 1
= 4x + 9 - 1
= 4x + 8
c. 4x - 8x + 12
= -4x + 12
d. 7 - 2x - x + 5
= 7 + 5 - 2x - x
= 12 - 3x
e. 3x² + 3y² - 5xy + 2x² - 5y² + 6xy
= 3x² + 2x² + 3y² - 5y² - 5xy + 6xy
= 5x² - 2y² + xy
14) Bentuk aljabar yang memuat 4 suku dan dapat disederhanakan menjadi dua suku
5x + 8 + 3x - 9
disederhanakan menjadi
5x + 3x + 8 - 9
= 8x - 1
Pelajari lebih lanjut
Jawaban Ayo kita berlatih 3.1 untuk nomor 7 sampai 10
https://brainly.co.id/tugas/18317932
------------------------------------------------
Detil Jawaban
Kelas : 7
Mapel : Matematika
Kategori : Bentuk Aljabar
Kode : 7.2.3
Kata Kunci : Ayo kita berlatih 3.1, aljabar, suku
3. Matematika kelas 7 ayo kita berlatih 3.1 hal 206 no 7-10
Bentuk aljabar merupakan suatu bentuk dalam matematika yang penyajiannya memuat huruf-huruf untuk mewakili bilangan yang belum diketahui. Bentuk aljabar terdiri dari variabel, koefisien dan konstanta. Soal yang ditanyakan adalah soal "Ayo Kita Berlatih 3.1".
Variabel adalah suatu nilai yang belum diketahui, biasanya diwakili dengan huruf-huruf tertentu
Koefisien adalah pengali atau faktor dari suatu variabel
Konstanta adalah suatu nilai yang tetap dan jelas (tidak memiliki variabel)
Pembahasan
7) Gunakan variabel x dan y untuk menuliskan bentuk aljabar dari setiap kalimat berikut
a. Aku adalah suatu bilangan. Jika aku dikalikan 2 kemudian dikurangi 5 akan menghasilkan bilangan 9
Jawab
Misal bilangan tersebut adalah x maka bentuk aljabarnya:
2x - 5 = 9
b. Ukuran dari panjang persegi panjang 10 cm lebih dari ukuran panjang persegi
Jawab
Misal
Ukuran panjang persegi panjang = y
Ukuran panjang persegi = x
Bentuk aljabarnya:
y = x + 10
c. Delapan merupakan lebihnya dari keliling suatu persegi
Jawab
Misal panjang sisi persegi adalah x maka bentuk aljabarnya:
4x + 8
d. Umur Pak Tohir tiga kali umurnya Udin, sedangkan 10 tahun yang akan datang jumlah umur mereka adalah 72 tahun.
Jawab
Misal
umur Pak Tohir = y
umur Udin = x
Bentuk aljabarnya
y = 3x(y + 10) + (x + 10) = 728) Buatlah suatu cerita yang bermakna bentuk aljabar 4x + 8. Perjelas makna Variabel dari cerita yang kalian buat
Jawab
Dina membeli 4 kantong keresek berisi buah apel untuk acara ulang tahunnya. Setelah sampai rumah, ternyata buah apelnya kurang. Kemudian Dina membeli 8 buah apel lagi.
x menyatakan jumlah buah apel dalam satu kantong keresek
9) Buat suatu bentuk aljabar yang memiliki koefisien 2 dan konstanta -13, lalu buat suatu cerita yang hasilnya adalah bentuk aljabar tersebut
Jawab
Bentuk aljabar : 2x - 13
Soal ceritanya :
Pak Adi membeli sejumlah permen, permen-permen tersebut dimasukkan kedalam dua buah kotak dengan jumlah yang sama. Setelah dua kotak tersebut dikemas, ternyata masih tersisa 13 permen lagi. Bentuk aljabar untuk menyatakan jumlah permen yang dimasukkan kedalam kotak adalah : 2x - 13
dengan x menyatakan jumlah permen dalam tiap kotak
10) Tentukan banyak suku pada bentuk aljabar berikut ini
a. 4a + 7 ⇒ ada dua suku
yaitu 4a dan 7
b. 4x²y + 3x² - 6y + 2 ⇒ ada empat suku
yaitu 4x²y , 3x², -6y dan 2
c. 9x³ - 3x³y² - 4x³ + 12y² + 6x²y³ - y² - 5 ⇒ ada tujuh suku yaitu
9x³, -3x³y², -4x³, 12y², 6x²y³, -y² dan -5
Tetapi karena ada suku-suku yang sejenis yaitu 9x³ dengan -4x³ dan 12y² dengan -y² maka bentuk aljabar tersebut bisa kita sederhanakan menjadi
= 9x³ - 4x³ - 3x³y² + 6x²y³ + 12y² - y² - 5
= 5x³ - 3x³y² + 6x²y³ + 11y² - 5
sehingga bentuk aljabarnya menjadi terdiri dari 5 suku yaitu
5x³, -3x³y², 6x²y³, 11y² dan -5
Pelajari lebih lanjut
Contoh soal lain tentang aljabar pada Ayo kita berlatih 3.1
https://brainly.co.id/tugas/18219660
------------------------------------------------
Detil Jawaban
Kelas : 7
Mapel : Matematika
Kategori : Bentuk Aljabar
Kode : 7.2.3
Kata Kunci : Ayo kita berlatih 3.1, aljabar, suku
4. Jawaban matematika ato kita berlatih 3.1 yang essay
kasih liat gambar donk , mana paham kyk gini , soalnya nggak jelas
5. kegiatan 3.1 b.indo kelas 8
kegiatan 3.1
1.apa yg dimaksud dgn teks eksposisi?
Pengertian teks eksposisi adalah teks yang mengandung gagasan dan fakta.
2.bagaimana ciri2 teks eksposisi?
1.memuat fakta dan pendapat
2.berisi informatif
3.memuat informasi pengetahuan
4.netral dan objektif
5.terdapat penilaian dan ada upaya membujuk
3.mengapa debat digolongkan ke dalam teks eksposisi?
Debat digolongkan ke dalam teks eksposisi karena di dalam debat terdapat pendapat yang harus disertai argumen-argumen yang menguatkan seperti halnya teks eksposisi.
4.apa saja unsur2 utama teks eksposisi?
Unsur-unsur utama teks eksposisi , yaitu :
1. Pronomina
Pronomina atau kata ganti , kata ganti disini ada 2 , yaitu Pronomina persona dan pronomina non persona ,
Pronomina persona seperti , ia , aku , kamu , mereka , kami dan lain"
Pronomina non persona seperti , itu , ini , sana , sini .
2. Leksikal
yang termasuk dalam leksikal adalah :
Nominal kata yang mengacu pada sebuah benda baik yang berbentuk nyata maupun yang tdk nyata (abstrak)
5.apa fungsi fakta dalam teks eksposisi?
berfungsi untuk:
(1) menyatakan kebenaran mengenai permasalahan yang dijadikan objek pembicaraan.
(2) menguatkan argumen yang disampaikan oleh penulis/ pembicara mengenai permasalahan yang dijadikan objek pembicaraan
6. Jawaban latihan 3.1 buku matematika kelas 7 soal 3,4, dan 5 tolong dijawab yang menjawab dapat pahala amin
3.a)560 siswa
b)39:11
itu aja yg aku tau.!!
maaf klo salah!
7. ayo kita berlatih 3.1
SEMOGA MEMBANTU DAN BERMANFAAT BAGI ORANG YANG MELIHAT
8. Buku Paket Matematika Ayo Berlatih 3.1 Halaman 77.
Rumus :
V kubus = r³ / r x r x r
L kubus = 6 x r² / 6 x r x r
Penyelesaian :A:
V = r x r x r
V = 5 x 5 x 5
V = 25 x 5
V = 125
L = 6 x r x r
L = 6 x 5 x 5
L = 30 x 5
L = 150
B:
V = r x r x r
V = 9 x 9 x 9
V = 81 x 9
V = 729
L = 6 x r x r
L = 6 x 9 x 9
L = 54 x 9
L = 324
C:
V = r x r x r
V = 13 x 13 x 13
V = 169 x 13
V = 2.197
L = 6 x r x r
L = 6 x 13 x 13
L = 78 x 13
L = 1.014
D:
V = r x r x r
V = 15 x 15 x 15
V = 225 x 15
V = 3.375
L = 6 x r x r
L = 6 x 15 x 15
L = 90 x 15
L = 1.350
E:
V = r x r x r
V = 20 x 20 x 20
V = 400 x 20
V = 8.000
L = 6 x r x r
L = 6 x 20 x 20
L = 120 x 20
L = 2.400
9. Ayo, Berlatih! 2Penilaian PengetahuanKD 3.1A. Tentukan hasil pengurangan pecahan-pecahan di bawah ini! 4/7-3/8
Penjelasan dengan langkah-langkah:
4/7 - 3/8disamakan penyebutnya dlu =
32/56 - 27/56 = 5/56maaf ya kalau salah ) ;10. 332020N(KD 3.1)Ayo, Berlatih!Selesaikan penjumlahan pecahan di bawah ini dengan tepat4. 215.2 6 82310MatematikaKelas SA
Jawaban:
maaf saya g tau jawabanya maaf y
11. ayo kita berlatih 3.1 tolong di jawab pake cara yaa:)) :D
13.
a. 5x-3x = (5-3)x = 2x
b. 9 + 4x - 1 = 4x + 8
c. 4x - 8x + 12 = (4-8)x + 12 = -4x + 12
d. 7 - 2x - x + 5 = -2x - x + 7 + 5 = - 3x + 12
e 3x^ + 3y^ - 5xy + 2x^ - 5y^ + 6xy = (3+2)x^ + (3-5)y^ + (-5+6)xy = 5x^ + (-2y^) + 1xy = 5x^ - 2y^ + xy.
Semoga membantu :)
12. Bentuk aljabar SMP,ayo kita berlatih 3.1 kelas 7
Adi memiliki permen 5 lebih banyak dari permen edi, jika banyaknya permen edi dinyatakan dalam x, maka banyaknya permen Adi adalah (x + 5). bentuk seperti inilah yang dinamakan dengan bentuk aljabar. Dimana bentuk aljabar adalah salah satu bentuk bilangan matematika yang disertai dengan variabel tertentu.
Untuk beberapa kejadian sehari-hari banyak yang dapat dinyatakan dalam bentuk aljabar. Misalnya : jumlah harga ketika membeli berbagai jenis buah, banyaknya penggunaan listrik selama satu bulan, banyaknya pelanggan suatu toko, perhitungan ongkos produksi pabrik, dan lain sebagainya. Dengan mempelajari bentuk aljabar, maka kejadian-kejadian tersebut dapat terpecahkan.
Ada beberapa istilah yang akan ditemui dalam bentuk aljabar, antara lain:
1. Variabel
Variabel atau kadang juga disebut peubah adalah lambang yang menggantikan suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas. Dalam contoh tadi (x + 5), x merupakan variabel.
2. Konstanta
Konstanta adalah sebuah bilangan yang tidak mengandung variabel dan sudah diketahui nilainya dengan jelas. Dalam contoh tadi 5 merupakan konstanta.
3. Suku
Suku adalah konstanta dan variabel pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih.
-Suku-suku sejenis
Suku-suku sejenis adalah suku yang memiliki variabel dengan masing-masing variabel memiliki pangkat yang sama.
Contoh: 2x dan -3x,  dan , y dan 4y, …
-Suku tak sejenis
Suku tak sejenis adalah suku yang memiliki variabel dengan masing-masing variabel memiliki pangkat yang tidak sama.
Contoh: 2x dan –3×2, –y dan –x3, 5x dan –2y, …
– Suku satu
Suku satu adalah bentuk aljabar yang tidak dihubungkan oleh operasi jumlah atau selisih.
Contoh: 3x, 2a2, –4xy, …
– Suku dua
Suku dua adalah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh satu operasi jumlah atau selisih.
Contoh: 2x + 3, a2 – 4, 3×2 – 4x, …
– Suku tiga
Suku tiga adalah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh dua operasi jumlah atau selisih.
Contoh: 2×2 – x + 1, 3x + y – xy, …
– Suku banyak
Suku banyak adalah Bentuk aljabar yang mempunyai lebih dari dua suku disebut suku banyak.
Operasi bentuk aljabar.
1. Operasi penjumlahan dan pengurangan
Operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar hanya dapat dilakukan pada suku yang sejenis, dengan cara mengoperasikannya pada konstantanya.
contoh :

 -> tidak dapat dijumlahkan karena bukan suku yang sejenis
 bisa dituliskan sebagai x saja.
 -> bukan suku sejenis

2. Operasi perkalian
Ingat kembali bahwa pada operasi perkalian bilangan bulat terdapat sifat distributif pada penjumlahan dan pengurangan, yaitu a(b + c)= ab + ac , dan a(b – c) = ab – ac. Pada operasi perkalian bentuk aljabar sifat tersebut juga berlaku.
– Perkalian antara konstanta dengan bentuk aljabar.
Untuk melakukan operasi perkalian antara konstanta dengan bentuk aljabar, dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan mengalikan konstanta tersebut dengan konstanta pada bentuk aljabar.
Contoh :




– perkalian antara dua bentuk aljabar.
Seperti pada perkalian antara konstanta dengan bentuk aljabar, dalam perkalian dua bentuk aljabar berlaku juga sifat distributif. Untuk suku yang sejenis, jika variabel dikalikan maka akan menjadi pangkat, misal , sedangkan konstanta dikalikan seperti biasa. Untuk suku yang tidak sejenis maka variabelnya akan dituliskan saja, dan konstanta dikalikan seperti biasa.
Perkalian satu suku dengan dua suku,

Perkalian antara dua suku,

Perkalian antara dua suku dengan tiga suku,

Contoh :


4. Operasi pembagian
Operasi pembagian pada bentuk aljabar dilakukan dengan cara membagi konstantanya seperti biasa, namun untuk variabelnya, dilihat dulu koefisien dari kedua variabel nya, kemudian bagi masing-masing variabelnya dengan koefisiennya.
Contoh :



Demikian mengenai bentuk aljabar dan operasi bentuk aljabar.
Semoga membantu.
13. jawaban matematika 3.1 kelas 7 no 11-14
Penjelasan dengan langkah-langkah:
apa yg mau di jawab ??12
14. uji kompetisi 3.1 pelajaran matematika kelas 2 tentang fungsi komposisi
Diketahui f(x) = x² - 4x + 2 dan g(x) = 3x - 7.
a.) (g°f)(x) = g[f(x)] = g(x² - 4x + 2) -> 3x - 7
Substitusikan saja x = x² - 4x + 2 ke g(x), maka
(g°f)(x) = 3x² - 12x + 6 - 7 = 3x² - 12x - 1
b.) (f°g)(x) = f[g(x)] = f(3x - 7) -> x² - 4x + 2
Substitusikan saja x = 3x - 7 ke f(x), maka
(f°g)(x) = (3x-7)² - 4(3x-7) + 2 = 9x² - 54x + 79
c.) (g°f)(5) = g[f(5)] = g(5² - 4x5 + 2) = g(7) -> 3x - 7
Substitusikan saja x = 7 ke g(x), maka
(g°f)(5) = 3x5 - 7 = 15 - 7 = 8
d.) (f°g)(10) = f[g(10)] = f(30 - 7) = f(23) -> x² - 4x + 2
Substitusikan saja x = 23 ke f(x), maka
(f°g)(10) = 23² - 4x23 + 2 = 529 - 92 + 2 = 439
Semoga membantu
15. jawaban matematika Ayo kita berlatih 3.1 hal 86-88..kak tolong besok dikumpulkan-^Terimakasih
Jawaban matematika kelas 8 Ayo kita berlatih 3.1 hal 86 - 88.
Ayo kita berlatih 3.1 kelas 8 merupakan kumpulan soal tentang Relasi, untuk soalnya bisa dilihat pada lampiran I.
Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah suatu aturan yang memasangkan anggota-anggota himpunan A dengan anggota-anggota himpunan B.
Pelajari lebih lanjut : Diagram panah relaksi faktor dari → https://brainly.co.id/tugas/11657935
Pembahasan1. Relasi yang dapat dibuat dari himpunan A = {4, 9, 16, 25} ke B = {1, 2, 3, 4, 5} adalah ...Jawab :
A = {4, 9, 16, 25}
B = {1, 2, 3, 4, 5}
Kita lihat hubungan himpunan A dan himpunan B
4 merupakan kuadrat dari 2
9 merupakan kuadrat dari 3
16 merupakan kuadrat dari 4
25 merupakan kuadrat dari 5
Jadi relasi yg dapat dibuat dari himpunan A dan himpunan B adalah Kuadrat dari (D)
2. Tentukan aturan relasi yang mungkin dari himpunan P ke himpunan Q jika diketahui himpunan P = {2, 3, 4, 6, 8, 10} dan himpunan Q = {1, 2, 3, 5}, serta himpunan pasangan berurutannya adalah {(2, 1), (4, 2), (6, 3), (10, 5)}Jawab :
P = {2, 3, 4, 6, 8, 10}
Q = {1, 2, 3, 5}
HPB = {(2, 1), (4, 2), (6, 3), (10, 5)}
2 merupakan dua kalinya dari 1
4 merupakan dua kalinya dari 2
6 merupakan dua kalinya dari 3
10 merupakan dua kalinya dari 5
Jadi aturan relasi yang mungkin dari himpunan P ke himpunan Q adalah Dua Kali dari
Pelajari lebih lanjut : Relasi dari A ke B → brainly.co.id/tugas/12394876
3. Dari diagram dibawah, tentukan aturan relasinya yang mungkin himpunan A = {0, 1, 4, 9} dan himpunan B = {0, 1, 2, 3, 4}Jawab :
A = {0, 1, 4, 9}
B = {0, 1, 2, 3, 4}
0 kuadrat dari 0
1 kuadrat dari 1
4 kuadrat dari 2
9 kuadrat dari 3.
Jadi aturan relasi yang mungkin adalah Kuadrat dari
4. Perhatikan dua himpunan berikut : a. Buatlah nama relasi yang mungkin antara kedua himpunan itu. b. Gambarlah diagram panahJawab :
a. Relasi yg memungkinkan dari himpunan P ke Q
1. Relasi ibukota dari
Jakarta ibukota dari Indonesia
2. Relasi beribukota
Malaysia beribukota Kuala LumpurThailand beribukota BangkokFilipina beribukota ManilaIndia beribukota New Delhib. Gambar diagram panah setiap anggota himpunan P ke anggota himpunan Q sesuai relasi bisa dilihat pada lampiran III
8. Diketahui himpunan P = {1, 2, 3, 4, 5, 6} dan himpunan Q = {3, 4, 5, 6, 8}. Nyatakanlah relasi “faktor dari” dari himpunan P ke himpunan Q dalam bentuk himpunan pasangan berurutan.Jawab :
P = {1, 2, 3, 4, 5, 6}
Q = {3, 4, 5, 6, 8}.
Relasi 'faktor dari' dari himpunan P ke himpunan Q
HPB = {(1 , 3) , (1 , 4) , (1 , 5) , (1 , 6) , (1 , 8) , (2 , 4) , (2 , 6) , (2 , 8) , (3 , 3) , (3 , 6) , (4 , 4) , (4 , 8) , (5 , 5) , (6 , 6).
Gambar diagram panah ada pada lampiran IV
Pelajari lebih lanjut tentang Relasi dan Fungsi
Korespodensi satu-satu → brainly.co.id/tugas/12190921
Fungsi → https://brainly.co.id/tugas/1215887
Detil Jawaban
Detil jawaban Kelas : 8 SMP Mapel : Matematika Bab : 2 - Fungsi Kode : 8.2.2 Kata kunci : relasi, diagram panah, himpuan pasangan berurutanSemoga bermanfaat
16. 20Ronan PengetahuanNilai:Ayo, Berlatih! 2(KD 3.1)PRSelesaikan penjumlahan pecahan di bawah ini dengan tepat!21 1 - 24.81.5.36 82.+IN TWNT-10MatematikaKelas 5A
Penjelasan:
aku gak ngerti apa yang kamu bilang
17. Matematika latihan 3.1 kelas x
Jawaban:
5+5= 10
Penjelasan dengan langkah-langkah:
jadi 5 tambah 5 jadi 10
18. jawaban matematika kelas 7 semester ganjil hal 204 bab 3 ayo kita berlatih 3.1
SEMOGA MEMBANTU DAN BERMANFAAT BAGI ORANG YANG MELIHAT
19. jawaban matematika ayo kita berlatih 3.1 kepas 8 halaman 86
kelas : VIII SMP
mapel : matematika
kategori : relasi dan fungsi
kata kunci : ayo berlatih 3.1, halaman 86
Pembahasan :
soal nomor 1
relasi yang dapat dibuat dari himpunan A = {4, 9, 16, 25} ke himpunan B = {1, 2, 3, 4, 5} adalah
a) kurang dari
b) akar dari
c) kelipatan dari
d) kuadrat dari
4 -----------> 2
9 -----------> 3
16 ----------> 4
25 ---------> 5
4 kuadrat dari 2
9 kuadrat dari 3
16 kuadrat dari 4
25 kuadrat dari 5
jadi jawabannya adalah kuadrat dari (D)
soal nomor 2
tentukan aturan relasi yang mungkin dari himpunan P ke himpunan Q jika diketahui himpunan p = { 2, 3, 4, 6, 8, 10} dan himpunan Q = {1, 2, 3, 5} serta himpunan pasangan berurutannya adalah {(2,1), (4,2), (6,3), (10,5)}
jawab :
2 ---------------> 1
4 ---------------> 2
6 ---------------> 3
10 --------------> 5
2 dua kalinya dari 1
4 dua kalinya dari 2
6 dua kalinya dari 3
10 dua kalinya dari 5
jadi aturan relasi yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B adalah dua kalinya dari
soal nomor 3
dari diagram dibawah ini tentukan relasi yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B
A B
0 ------------> 0
1 ------------> 1
4 ------------> 2
9 ------------> 3
0 kuadrat dari 0
1 kuadrat dari 1
4 kuadrat dari 2
9 kuadrat dari 3
jadi relasi yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B adalah kuadrat dari
20. dan buku paket, ayo kita berlatih 3.1 halaman 204 no 1.2 dan 3
Penjelasan dengan langkah-langkah:
1.
Diketahui :
awalnya Pak Veri membeli 2 karung beras sehingga menjadi = 2 x
lalu ia membeli lagi 5 kg beras
Ditanya : bentuk aljabar dari beras yang dibeli Pak Veri.
Proses : karena ada 2 variabel maka kita jadikan dalam bentuk persamaan
-------------
Langkah 1
Data awal :
2 x
5
Data akhir : y
Langkah 2
Lalu diubah dalam bentuk persamaan yang menyatakan
Data awal = data akhir
Sehingga menjadi,
2x + 5 = y
y = 2x + 5
------------------
2.
Diketahui :
Awalnya Pak Deni membeli 3 Gelondong kain, sehingga menjadi = 3x
Dan kain tersisa 4 meter
Ditanya : Bentuk aljabar dari kain yang digunakan untuk menjahit.
Proses : Karena ada 2 variabel maka kita jadikan dalam bentuk persamaan
Langkah 1
Data awal :
3 x
-4 (karena sisa)
Data akhir : y
Langkah 2
kita ubah dalam bentuk persamaan yang menyatakan
data awal = data akh