1. syair dapat digolongkan sebagai... 2. panjang cerita pendek tidak lebih dari... kata3. ciri syair adalah memiliki rima... 4. syair dalam bahasa arab memiliki arti...5. dialog interaktif merupakan kegiatan bertanya jawab yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang bertujuan untuk...6. memberikan penilaian terhadap suatu karya harus bersifat...7. jawaban narasumber dari pertanyaan pewawancara disebut...
1. 1. syair dapat digolongkan sebagai... 2. panjang cerita pendek tidak lebih dari... kata3. ciri syair adalah memiliki rima... 4. syair dalam bahasa arab memiliki arti...5. dialog interaktif merupakan kegiatan bertanya jawab yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang bertujuan untuk...6. memberikan penilaian terhadap suatu karya harus bersifat...7. jawaban narasumber dari pertanyaan pewawancara disebut...
1.puisi lama
2.suku
3.a a a a
6.subyektif
2. buatlah rangkuman tentang puisi rakyatini teksnyaPuisi Rakyat adalah kesusastraan rakyat yang sudah tertentu bentuknya, biasanya terjadi dari beberapa deret kalimat, ada yang berdasarkan mantra, ada yang berdasarkan panjang pendek suku kata, lemah tekanan suara, atau hanya berdasarkan irama.Puisi rakyat dapat berbentuk ungkapan tradisional, pertanyaan tradisional, kategori : paparikan dan wawangsalan. Selanjutnya paparikan dibagi menjadi dua : rarakitan cerita rakyat, dan kepercayaan rakyat yang berupa mantra. Puisi rakyat berisi nilai-nilai yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Termasuk puisi rakyat adalah puisi lama yang berisi pesan-pesan dan nilai- nilai warisan leluhur bangsa Indonesia.Puisi rakyat berupa pantun, syair, gurindam, atau puisi rakyat yang berkembang di daerah tertentu. Pada acara-acara di televisi, kepiawaian membuat pantun masih menjadi andalan untuk melucu. Pada lagu-lagu juga masih ditemukan pantun. Sementara untuk gurindam, syair, dan sastra lama yang lain agak kurang lagi didengar.Dalam dunia kesastraan kita memiliki warisan turun-temurun berupa cerita rakyat atau puisi rakyat yang tidak diketahui siapa pengarangnya. Karena merupakan hasil turun-temurun dan tidak diketahui siapa pengarangnya, puisi lama biasanya disampaikan dari mulut-kemulut. Puisi lama terlihat kaku karena terikat oleh aturan-aturan seperti jumlah kata dalam tiap baris, jumlah baris dalam tiap bait dan juga pengulangan kata yang bisa di awal maupun di akhir sajak atau kita kenal dengan sebutan rima. Pada bagian ini puisi lama yang akan dibahas adalah pantun, syair dan gurindam.GurindamGurindam adalah puisi lama yang berasal dari negeri India. Istilah gurindam berasal dari bahasa India, yaitu kirindam berarti “mulamula” atau “perumpamaan”. Gurindam sarat nilai agama dan moral. Tak dimungkiri bahwa gurindam bagi orang dulu sangat penting dan dijadikan norma dalam kehidupan. Seperti apakah gurindam sebenarnya? Gurindam adalah puisi lama (Melayu) yang sangat penting sebagai warisan budaya.Ciri gurindama) terdiri atas dua baris dalam sebaitb) tiap baris memiliki jumlah kata sekitar 10-14 katac) tiap baris memiliki rima sama atau bersajak A-A, B-B, C-C, danseterusnyad) merupakan satu kesatuan yang utuh.e) baris pertama berisi soal, masalah, atau perjanjianf) baris kedua berisi jawaban, akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama. (isi atau maksud gurindam terdapat pada baris kedua)g) isi gurindam biasanya berupa nasihat, filosofi hidup atau kata-kata mutiaraPantunPantun adalah puisi Melayu yang mengakar dan membudaya dalam masyarakat. Pantun dikenal dengan banyak nama di berbagai bahasa di Nusantara, tonton (bahasa Tagalog), tuntun (bahasa Jawa), pantun (bahasa Toba) yang memiliki arti kurang lebih sama, yaitu sesuatu ucapan yang teratur, arahan yang mendidik, bentuk kesantunan. Pantun tersebar hampir diseluruh Indonesia. Fungsi pantun di semua daerah (Melayu, Sunda, Jawa, atau daerah lainnya) sama, yaitu untuk mendidik sambil menghibur. Melalui pantun kita menghibur orang dengan permainanbunyi bahasa, menyindir (menegur bahwa sesuatu itu kurang baik) secara tidak langsung, atau memberi nasihat. Ini bukan berarti orang kita tidak tegas kalau hendak mengatakan sesuatu, tetapi dapat dikatakan bahwa kita memiliki gaya tersendiri dalam mengungkapkan sesuatu. Melalui pantun leluhur kita terkesan lebih santun untuk menegur atau menasihati orang secara tidak langsung agar orang yang kita tuju tidak merasa malu atau dipojokkan.Ciri-ciri pantun dapat dilihat berdasarkan bentuknya. Ciri-ciri ini tidak boleh diubah. Jika diubah, pantun tersebut akan menjadi seloka, gurindam, atau bentuk puisi lama lainnya.Ciri-ciri pantun• Tiap bait terdiri atas empat baris (larik).• Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.• Rima akhir setiap baris adalah a-b-a-b.• Baris pertama dan kedua merupakan sampiran.• Baris ketiga dan keempat merupakan isi.SyairSyair adalah salah satu puisi lama. Syair berasal dari Persia dan dibawa masuk ke Nusantara bersama dengan masuknya Islam ke Indonesia. Kata atau istilah syair berasal dari bahasa arab yaitusyi’ir atau syu’ur yang berarti “perasaan yang menyadari”, kemudian kata syu’ur berkembang menjadi syi’ru yang berarti puisi dalam pengetahuan umum.Dalam perkembangannya syair tersebut mengalami perubahan dan modifikasi sehingga menjadi khas Melayu, tidak lagi mengacu pada tradisi sastra syair negeri Arab. Penyair yang berperan besar dalam membentuk syair khas Melayu adalah Hamzah Fansuri dengan karyanya, antara lain: Syair Perahu, Syair Burung Pingai, Syair Dagang, dan Syair Sidang Fakir.Ciri-ciri syair antara lain :• Setiap bait terdiri dari empat baris.• Setiap baris terdiri atas 8-14 suku kata.• Bersajak a-a-a-a.• Semua baris adalah isi.• Bahasa yang digunakan biasanya berupa kiasan.
Jawaban:
membentuk syair nya khas melayu
Penjelasan:
maaf klo salah
3. 2. Secara etimologis Sejarah berasal dari kata Syajaratun yang berasal dari bahasa Arab yang berarti pohon ,karena…. a. Pertumbuhannya terus menerus b. Persoalannya rumit seperti cabang pohon c. Akar permulaannya tidak diketahui secara jelas d. Bisa berdiri sendiri tanpa ilmu lain e. Selalu memberikan manfaat 3. Dijelaskan oleh Kieven (2014) pada beberapa relief di candi jaman peninggalan Majapahit terdapat cerita panji yaitu sosok yang bertopi.Cerita Panji merupakan kisah cinta antara putra Panji dari Kerajaan Jenggala/Kahuripan dan Putri Candrakirana(Sekartaji )dari Kerajaan Daha/ Kediri. Cerita panji yang dikisahkan dalam bentuk relief merupakan seni dan sastra warisan budaya Jawa yang tersebar hingga di beberapa wilayah seperti Thailand,Kamboja,Vietnam,Myanmar dan Laos . Nilai nilai penting dai cerita Panji mengajarkan tentang kesederhanaan, kesetiaan, keadilan, perjuangan meraih cita-cita, dan masih banyak lagi. Manfaat dari cerita sejarah tersebut adalah….. a. Memahami berpikir diakronis (kronologis ) b. Memahami nilai nilai masyarakat di masa lampau c. Memahami Historiografi kolonial d. Mengetahui candi candi peninggalan Kerajaan Majapahit e. Memahami berpikir secara sinkronis 4. Ki Hadjar Dewantara adalah sosok pahlawan pendidikan yang dikenal dengan julukan Bapak pendidikan Nasional Indonesia yang lahir pada tanggal 2 Mey 1989.Ki Hadjar Dewantara berani menentang dan mengkritik kebijakan pemerintah Hindia Belanda, yang pada masa itu hanya memperbolehkan orang keturunan Belanda dan orang kaya yang bias mengeyam pendidikan. Karena kritikannya tersebut pada akhirnya pemerintah Kolonial mengasingkan Ki Hadjar Dewantara ke Negara Belanda. Setelah kembali ke Indonesia Ki Hadjar Dewantara akhirnya berhasil mendirikan sekolah atau lembaga pendidikan yang di beri nama Taman Siswa. Setelah Indonesia merdeka dia diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan pada akhirnya Ki Hadjar Dewantara wafat pada 26 April 1959. Salah satu peranan Ki Hadjar Dewantara sebagai penggerak sejarah adalah a. Mendirikan Sekolah Taman Siswa b. Menjadi Menteri pendidikan c. Memperjuangkan kemerdekaan d. Menentang kebijakan pemerintah Kolonial Belanda e. Memperjuangkan golongan bangsawan 5. Sebagai suatu peristiwa, sejarah memiliki sifat yang objektif yaitu sejarah mengungkapkan peristiwa masa lampau…. a. Berdasar fakta yang ada b. Sesuai kehendak si peneliti c. Mudah disesuaikan dengan perkembangan jaman d. Dapat dipengaruhi oleh siapapun e. Sesuai dengan hasil wawancara dengan narasumber 6. Keterkaitan antara waktu dengan peristiwa sejarah salah satunya yaitu pengulangan. Contoh penngulangan terdapat pada peristiwa…. a. Pemungutan berbagai pajak dari rakyat Indonesia oleh pemerintah Kolonial Belanda b. Adanya aksi mahasiswa yang menyebabkan jatuhnya kekuasaan Presiden Soeharto c. Perkembangan demokrasi di Amerika yang mengikuti perkembangan kota d. Gerakan Padri di Sumatera Barat yang menentang e. Jatuhnya kekuasaan Presiden Abdurrahman Wahid 7. Sejarah memberikan pelajaran bagaimana hari ini dikelola dan bagaimana hari esok dirancang agar tidak mengulangi kesalahan masa lalu. Dengan begitu sejarah memiliki nilai guna a. Fungsi Rekreatif b. Fungsi Inspiratif c. Fungsi Instruktif d. Fungsi Masa depan e. Fungsi Edukatif 8. Jika seorang sejarawan inngin menyusun sejarah perekonomian Bangsa Indonesiapada zaman Jepang dengan menggunakan cara berfikir sinkronik, maka hal yang perlu dilakukan adalah …. a. Membandingkan perkembangan ekonomi masa pendudukan Jepang di Indonesia dengan perkembangan ekonomi masa pendudukan Jepang di Singapura b. Meneliti gejala atau fenomena perkembangan kehidupan ekonomi bangsa Indonesia pada masa pendudukan Jepang c. Meneliti dampak atau efek pereonomian pada masa pendudukan Jepang pada masa reformasi d. Faktor-faktor pendukung ekonomi Indonesia masa pendudukan jepang yang digali dari sejak masa colonial Belanda e. Kondisi ekonomi Indonesia saat ini yang merupakan warisan dari sistem ekonomi pada masa pendudukan Jepang 9. Peristiwa sejarah diawali sejak keberadaan manusia di muka bumi ini sehingga memiliki rentang waktu yang sangat panjang. Untuk mempermudah dalam mempelajari dan memahami peristiwa demi peristiwa dalam sejarah, maka perlu adanya… a. kategorisasi b. periodisasi c. diakronik d. sinkronik e. kronik 10. Sejarah selalu mengikuti perkembangan gerak kemajuan manusia serta kebudayaannya. Hal ini menunjukkan bahwa sejarah merupakan ilmu yang bersifat… a. Stagnan b. Tetap c. Mutlak d. Mundur e. Dinamis
Jawaban:
2. a.Pertumbuhannya terus menerus
3. a.Memahami berpikir diakronis (kronologis)
4. b.Menjadi Menteri pendidikan
5. a.Berdasar fakta yang ada
6. a.Pemungutan berbagai pajak dari rakyat Indonesia oleh pemerintah Kolonial Belanda
7. b. Fungsi Inspiratif
8.
9. a.kategorisasi
10. e. Dinamis
Penjelasan:
itu ya kak
semoga membantu jawabannya❤
moga bermanfaat jawabannya untuk kak
maaf no 8 nga tau Jawabannya♥
4. 1. Sebagai orang Katolik kita perlu meneladani pribadi Yesus Kristus. Sumber-sumber yang dapat kita pakai untuk mengenal pribadi-Nya adalah .... A. Warisan iman keluarga kita B. Dongeng dari leluhur kita C. Kesaksian orang tua kita D. Kitab Suci dan Tradisi E. Ajaran Sosial Gereja 2. Kitab Suci merupakan salah satu buku tertua dimuka bumi ini karena .... A. Ditulis pada jaman purba B. Ditulis oleh orang-orang yang dekat dengan Yesus C. Melewati proses yang panjang dalam penulisannya D. Ditulis pada daun lontar karena belum mengenal kertas E. Penulisannya banyak menggunakan bahasa aram dan Yunani 3. Perhatian pernyataan-pernyataan berikut! 1. Bangsa Israel mengalami Tuhan yang menyertai, melindungi dan menyelamatkan umat-Nya. 2. Bangsa Israel adalah bangsa yang kuat dan ditakuti sejak jaman dahulu. 3. Pengalaman-pengalaman tentang Allah yang menyelamatkan secara turun temurun diceritakan kepada anak cucu. 4. Kesaksian dan renungan yang mendalam dari umat Kristen perdana mengenai Yesus. 5. Cerita ditulis oleh pengarang atas dasar ilham Roh Kudus. Pernyataan diatas yang merupakan unsur-unsur dari pengertian Kitab Suci Perjanjian Lama adalah .... A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C. 1, 2, dan 5 D. 1, 3, dan 4 E. 1, 3, dan 5 4. Kitab Suci adalah suatu buku istimewa karena berisi firman atau sabda Allah kepada manusia, dalam bahasa Arab Kitab Suci disebut .... A. Alkitab B. Injil C. Pentateukh D. Perjanjian Lama E. Perjanjian Baru 5. Alkitab terdiri dari .... A. KSPL dan Deuterokanonika B. KSPL dan Kanonik C. KSPL dan KSPB D. Pentateukh dan KSPB E. Penteteukh dan Deuterokanonika 6. Kitab Suci yang mengisahkan bagaimana Allah merencanakan dan menyiapkan keselamatan umat manusia dengan perantaraan para nabi (DV 14) disebut Kitab .... A. Perjanjian Lama B. Perjanjian Baru C. Deuterokanonika D. Pentateukh E. Apokrif 7. Kitab yang mengisahkan bagaimana Allah mengerjakan dan menyelesaikan keselamatan umat manusia dengan perantaraan Yesus Kristus(DV 17) disebut Kitab .... A. Perjanjian Lama B. Perjanjian Baru C. Deuterokanonika D. Pentateukh E. Apokrif 8. Kitab Suci Perjanjian Lama terdiri dari ... kitab. A. 46 B. 39 C. 27 D. 73 E. 72 9. Kitab Suci Perjanjian Lama dikelompokkan menjadi tiga bagian besar yaitu …. A. Kitab Kejadian, Kitab Mazmur, Kitab Injil B. Injil, Kitab Wahyu, Kitab Deuterokanonika C. Kitab Taurat, Kitab Deuterokanonika dan Injil D. Kitab Sejarah, Kitab Kebijaksanaan dan Kitab Nabi-Nabi E. Kitab Kanonik, Kitab Protokanonik dan Deuterokanonika 10. Kitab Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan dan Ulangan merupakan bagian dari Kitab …. A. Taurat B. Mazmur C. Apokrip (rahasia) D. Injil E. Kebijaksanaan 11. Kitab Suci Perjanjian Baru dikelompokkan menjadi enam bagian besar yaitu …. A. Injil, Kisah Para Rasul, Surat-Surat Paulus, Mazmur, Surat kepada orang Ibrani, Wahyu B. Injil, Kisah Para Rasul, Taurat, Surat-Surat Paulus, Surat kepada orang Ibrani, Wahyu C. Injil, Kisah Para Rasul, Surat-Surat Paulus, Sejarah, Surat kepada orang Ibrani, Wahyu D. Injil, Kisah Para Rasul, Surat-Surat Paulus, Nabi-Nabi, Surat kepada orang Ibrani, Wahyu E. Injil, Kisah Para Rasul, Surat-Surat Paulus, Surat kepada orang Ibrani, Surat-Surat Katolik, Wahyu 12. Matius, Markus, Lukas dan Yohanes disebut dengan kitab …. A. Taurat B. Mazmur C. Injil D. Para Rasul E. wahyu 13. Dawah ini adalah merupakan alasan perlunya kita membaca dan mendalami Kitab Suci dalam hidup kita kecuali .... A. Karena melalui Kitab Suci kita dapat semakin mempersatukan diri dengan saudara-saudara kita dari Gereja-Gereja Kristen lainnya. B. Karena tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Yesus Kristus C. Karena iman tumbuh dan berkembang dengan membaca Kitab Suci D. Karena Kitab suci adalah buku Gereja, buku iman Gereja E. Karena sudah menjadi kewajiban sebagai orang beriman 14. Gereja senantiasa melestarikan dan meneruskan hidup, ajaran dan ibadatnya dari generasi ke generasi. Proses penerusan atau komunikasi iman dari satu angkatan kepada angkatan berikutnya dan diantara orang-orang seangkatan disebut .... A. Ajaran Iman B. Tradisi ajaran iman C. Warisan iman D. Wahyu E. Ajaran tertulis 15. Yang merupakan produk dari tradisi dalam Gereja Katolik salah satu contohnya adalah …. A. Doa Bapa Kami B. Syahadat Rasuli/Credo C. Dogma/ajaran D. Perjamuan makan E. Perayaan Paskah
Jawaban:
Sumber-sumber yang dapat kita pakai untuk mengenal pribadi Kristus adalah D. Kitab Suci dan Tradisi.
Kitab Suci merupakan salah satu buku tertua di muka bumi karena e. Penulisannya banyak menggunakan bahasa Aram dan Yunani.
Pernyataan yang merupakan unsur-unsur dair pengertian Kitab Suci Perjanjian Lama adalah E. 1, 3, dan 5.
Istilah Kitab Suci dalam bahasa Arab adalah A. Alkitab.
Alkitab terdiri dari KSPL, Deuterokanonika, dan KSPB.
Kitab Suci yang mengisahkan bagaimana Allah menceritakan dan menyiapkan keselamatan umat manusia dengan perantaraan para nabi adalah Kitab Perjanjian Lama.
Kitab yang mengisahkan bagaimana Allah mengerjakan dan menyelesaikan keselamatan umat manusia dengan perantaraan Yesus Kristus adalah Perjanjian Baru.
Kitab Suci Perjanjian Lama terdiri dari 46 kitab.
KSPL dikelompokkan menjadi tiga bagian besar yaitu D. Kitab Sejarah, Kitab Kebijaksanaan, dan Kitab Nabi-nabi.
Kitab Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, dan Ulangan merupakan bagian Kitab A. Taurat
Kitab Suci Perjanjian Baru dikelompokkan menjadi enam bagian besar yaitu ….
E. Injil, Kisah Para Rasul, Surat-Surat Paulus, Surat kepada orang Ibrani, Surat-Surat Katolik, Wahyu
Matius, Markus, Lukas dan Yohanes disebut dengan kitab C. Injil
Di bawah ini adalah merupakan alasan perlunya kita membaca dan mendalami Kitab Suci dalam hidup kita kecuali (tidak ada jawaban yang tepat)
Gereja senantiasa melestarikan dan meneruskan hidup, ajaran dan ibadatnya dari generasi ke generasi. Proses penerusan atau komunikasi iman dari satu angkatan kepada angkatan berikutnya dan diantara orang-orang seangkatan disebut ....
B. Tradisi ajaran iman
Yang merupakan produk dari tradisi dalam Gereja Katolik salah satu contohnya adalah ….
B. Syahadat Rasuli/Credo
Penjelasan:
Gereja adalah kumpulan orang yang beriman kepada Kristus. Gereja didirikan oleh Kristus sendiri di atas Petrus. Hal inilah yang hingga saat ini kita teruskan dengan bantuan para uskup sebagai pengganti kolegium para rasul.
Pelajari lebih lanjut tentang materi Gereja pada https://brainly.co.id/tugas/4578210
#BelajarBersamaBrainly